SMK Negeri Jateng Sediakan 264 Kursi Gratis, Verifikasi Calon Siswa Lewat Video Call

Maret 11, 2021

SEMARANG, RAKYATJATENG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng membuka kesempatan bagi siswa tidak mampu mengikuti seleksi sekolah gratis di SMK Negeri Jateng. Kuota yang disediakan di tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 264 kursi.

Kepala SMK Negeri Jateng Kampus I Semarang Sriyono mengatakan kuota tersebut tersebar di tiga kampus. Kampus I SMKN Jateng di Semarang sebanyak 120 siswa, kampus II di Pati 48 siswa, dan kampus III di Purbalingga 96 siswa.

Ia menyebutkan, periode pendaftaran telah dimulai sejak 8 Maret lalu hingga 30 April 2021. Hingga Rabu pagi (10/3), tercatat ada ribuan peminat dan 160 pendaftar yang mengunjungi di laman pendaftaran http://ppdb.smknjateng.sch.id.

”Sekolah ini digagas oleh Pak Gubernur Ganjar Pranowo, untuk memutuskan rantai kemiskinan melalui pendidikan. Karena dengan pendidikan, kesejahteraan masyarakat pun akan berubah,” ujarnya ditemui di kampus I SMK Negeri Jateng, Jalan Broto Joyo Semarang, Rabu (10/3).

Untuk mewujudkan gagasan tersebut, Pemprov Jateng menanggung seluruh biaya pembelajaran. Dari mulai pendaftaran hingga lulus. Tidak hanya itu, seluruh biaya hidup anak didik SMK Negeri Jateng pun ditanggung APBD. Mulai dari asrama, makan minum, hingga seragam.

Terkait proses seleksi atau Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) kini dilakukan secara daring. Mengingat, wabah Covid-19 yang belum mengizinkan proses tatap muka.

”Untuk validasi data siswa kami menggunakan fasilitas video call. Lalu bagaimana jika calon siswa tak punya handphone? Kami bisa melakukan kroscek dengan menghubungi handphone ketua RT, lingkungan sampai Lurah yang dalam form pendaftaran sudah dicantumkan,” sebut Sriyono.

Hal itu berlaku pula dengan pembelajaran yang masih menggunakan daring. Baik melalui aplikasi temu daring yang sudah umum, dan aplikasi SiJuna (Sistem Jurnal Pembelajaran). Dengan SiJuna, guru bisa memonitor siswa yang mengikuti pembelajaran atau absen.

Komentar

VIDEO TERKINI