HUT ke-9, Lazada Gelar Seller Conference 2021, Berbagi Tips Bisnis secara Online

  • Bagikan

JAKARTA, RAKYATJATENG – Lazada Indonesia (Lazada), bagian dari Lazada Group, eCommerce terdepan di Asia Tenggara yang berkomitmen mempercepat pertumbuhan ekonomi digital melalui ekosistem eCommerce dan teknologi, menyelenggarakan Pesta 9emilang Seller Conference 2021 dalam persiapan ulang tahun Lazada ke-9 secara virtual.

Acara yang dapat disaksikan oleh semua penjual di platform Lazada ini menjadi bagian dari upaya Lazada mempersiapkan penjual dari usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Lazada menghadapi potensi peningkatan pesanan yang signifikan dalam kampanye ulang tahun Lazada mendatang.

Dalam acara seller conference ini, sejumlah pembicara internal dan eksternal berbagi pengetahuan dan wawasan bagi penjual yang memang serius ingin menumbuhkan bisnisnya di ranah digital bersama Lazada.

Pandemi yang sedang melanda dunia saat ini memang semakin mendorong terjadinya perubahan perilaku konsumen, yang dahulu lebih memilih berbelanja secara offline kini mau tidak mau beralih berbelanja secara online.

Ini juga mendorong perkembangan pasar online, dimana menurut data GfK, 53% masyarakat Indonesia telah melakukan pembelian kebutuhan sehari-hari secara online.

“Kami memperkirakan tren ini masih akan berlangsung dan bahkan terus meningkat seiring dengan masyarakat yang semakin terbiasa dan merasakan nyamannya berbelanja secara online,” ujar Reza Rahtomo, Retail Service Director, GfK Indonesia yang menjadi salah satu pembicara di acara Lazada Seller Conference 2021.

Data ini menunjukkan potensi pasar online untuk para penjual, khususnya penjual UMKM, masih terbuka lebar.

Jacopo Mor, EVP, Fashion & FMCG, Lazada Indonesia dalam sambutan pembukanya mengatakan bahwa tahun 2020 memang menjadi tahun yang penuh tantangan bagi setiap bisnis.

Meski demikian, Lazada terus memberikan dukungan penuh kepada mitra brand dan penjual UMKM serius yang ada di platform, sehingga baik mitra brand maupun penjual UMKM masih mengalami penjualan yang bagus dan stabil, dan bahkan memperlihatkan peningkatan dalam setiap kampanye.

Menurutnya, pada kampanye 11.11 tahun 2020, ada penjual yang bisa mendapatkan lebih dari 50.000 order dalam satu hari, sedangkan di kampanye 12.12, sebagian besar penjual mengalami peningkatan pesanan lebih dari 80% dibandingkan kampanye 12.12 tahun sebelumnya.

“Oleh karena itu, melalui ajang Lazada Seller Conference 2021 kali ini, kami ingin membekali penjual agar bersama-sama kita bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dari tahun sebelumnya di kampanye ulang tahun Lazada,” katanya, Rabu (10/3/2021).

Lazada Seller Conference 2021 yang bertemakan ‘#Pesta9emilang’ digelar untuk membekali para penjual UMKM di Lazada jelang kampanye ulang tahun Lazada yang akan berlangung pada 27-31 Maret 2021 mendatang.

Haikal Bekti Anggoro, SVP – Traffic Operations & Seller Engagement, Lazada Indonesia, mengatakan, untuk pertama kalinya, Lazada akan menggelar kampanye selama lima hari penuh. Hal ini demi mengajak mitra brand, penjual UMKM serta konsumen Lazada dapat turut merayakan kemeriahan ulang tahun Lazada yang kesembilan.

“Kami sudah menyiapkan berbagai program dan fitur menarik yang bisa dipilih dan dimanfaatkan oleh penjual untuk meningkatkan penjualan dalam kampanye nanti. Seluruh program, fitur dan sumber daya yang kami miliki memang didedikasikan untuk para penjual, khususnya UMKM, yang memang serius ingin menumbuhkan bisnisnya bersama kami,” jelas Haikal.

Riset GfK juga memperlihatkan terdapat lima kategori barang yang banyak dibeli oleh konsumen Indonesia selama enam bulan terakhir (periode September 2020 – Februari 2021), yaitu (1) makanan dan minuman kemasan; (2) fesyen; (3) alat kebersihan rumah tangga; (3) smart phone; dan (5) alat kecantikan.

Menanggapi ini, Haikal menambahkan, di Lazada banyak tren penjualan baru selama pandemi, dimana terdapat peningkatan penjualan produk kesehatan, yang tentu saja alami terjadi, dan juga produk-produk terkait hobi, seperti berkebun dan olahraga.

Meski demikian, produk utama seperti fesyen, elektronik, produk kecantikan dan peralatan rumah tangga masih mendominasi.

“Karena itu kami selalu mendorong para penjual di Lazada untuk tetap memperhatikan tren yang terjadi di masyarakat agar mereka bisa menyediakan produk-produk yang memang banyak diminati. Dan informasi seperti itu secara rutin kami informasikan kepada para penjual melalui berbagai forum seperti Lazada Club, Lazada University dan ajang Lazada Seller Conference seperti ini,” ungkapnya.

Selain menghadirkan pembicara internal Lazada yang menjelaskan tentang optimalisasi setiap fitur yang ada di platform Lazada demi meraih keuntungan berlipat, Pesta 9emilang Seller Conference 2021 juga menghadirkan Rico Huang, pebisnis berusia 25 tahun yang dengan kerja kerasnya kini bisa meraup omzet miliaran rupiah. Rico membahas perihal kesalahan umum pebisnis yang perlu dihindari agar bisa sukses.

Seorang publik figur, Ozie, yang terkenal dengan perannya sebagai Bu Tejo di sebuah film, juga berperan sebagai Bu Sellotip atau #SellerSolutip dan membagikan langkah mudah berjualan di eCommerce dalam Lazada Seller conference 2021 ini.

Berbagai materi dan pembicara dihadirkan Lazada untuk memastikan seluruh penjual di platform bisa terus berkembang bersama Lazada.

Lazada Seller Conference 2021 juga terbuka bagi masyarakat yang ingin menyaksikan melalui kanal YouTube Lazada Indonesia.

Menurut Haikal, pihaknya akan terus meningkatkan program dan layanan untuk brand dan penjual di platformnya dengan dukungan dari pengetahuan dan teknologi canggih dari Alibaba. Teknologi big data yang siap dimanfaatkan oleh penjual juga memastikan setiap penjual bisa mendapatkan data dan insights yang bermanfaat untuk penetapan strategi bisnis.

Dengan demikian, pemilik toko bisa berfokus hanya pada strategi berjualan saja. Berbagai kampanye penjualan juga diselenggarakan untuk bisa meningkatkan penjualan dan mendorong pembelian konsumen sehingga roda perekonomian terus berputar.

“Kami berharap pembekalan yang kami lakukan melalui acara Lazada Seller Conference 2021 ini bisa menjadi penyemangat bagi para penjual di Lazada yang dalam waktu dekat menghadapi periode kampanye Ulang Tahun Lazada dan tentunya bersama-sama menembus batasan baru di periode-periode kampanye mendatang,” tutup Haikal.

Ekosistem Lazada memadukan platform eCommerce dengan sistem logistik Lazada Logistics yang semakin memudahkan penjual yang ingin berkembang di ranah online.

Dengan berbagai fitur dan layanan di ekosistem, Lazada siap memberdayakan bisnis untuk bisa maju bersama dalam ekosistem ekonomi digital Indonesia.

Lazada Seller Conference 2021 bisa disaksikan melalui kanal YouTube Lazada Indonesia. (Sen)

  • Bagikan