Karanganyar Terima 10.000 Dosis Vaksin, Semua untuk Lansia

Maret 5, 2021

KARANGANYAR, RAKYATJATENG – Jangkauan vaksinasi Covid-19 terus diperluas. Setelah tenaga kesehatan dan pelayan publik, kini giliran kelompok lanjut usia (lansia) produktif yang akan divaksin. Tak tanggung-tanggung, jumlah vaksin yang datang di Karanganyar, kemarin (4/3), sebanyak 10.000 dosis.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah Purwati mengungkapkan, pihaknya sudah memerintahkan masing-masing puskesmas untuk mengambil vaksin di dinkes.

”Sesuai dengan arahan dari pemerintah provinsi, 1.000 vial atau 10.000 dosis vaksin yang kami terima ini untuk kelompok lansia. Terutama yang di wilayahnya memiliki angka terkonfirmasi Covid-19 tinggi dan berisiko,” terang Purwati.

Pemberian vaksin terhadap lansia akan melalui skrining terlebih dahulu. Diupayakan vaksin mulai disuntikkan pada Selasa (9/3) mendatang.

”Kami serahkan penyuntikan ke petugas puskesmas, apakah akan dilakukan di puskesmas atau bisa membuka pelayanan di kantor kepala desa. Kalau jemput bola saya rasa tidak,” ungkapnya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Kabupaten Karanganyar Sundoro menjelaskan, jumlah lansia di Kabupaten Karanganyar sebanyak 137.117 orang. Pemberian vaksin terhadap lansia akan dilakukan secara bertahap.

”Itu sepertinya sudah total lansia yang akan kami vaksin. Nanti kami akan kroscek lagi dengan dinas terkait. Biar nanti petugas puskesmas yang akan melakukan penyuntikan. Kan juga kerja sama dengan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya, seperti klinik atau rumah sakit swasta di beberapa wilayah,” papar dia. (rs/rud/per/JPR/JPC)

Komentar

VIDEO TERKINI