Kapolri Pimpin Sertijab dan Kenaikan Pangkat 19 Perwira Tinggi, Ini Daftarnya

  • Bagikan

JAKARTA, RAKYATJATENG – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) dan kenaikan pangkat perwira tinggi (pati) di lingkungan Mabes Polri serta beberapa Kapolda di Rupatama Mabes Polri, Kamis (4/3/2021).

Total ada 19 pati Polri melakukan serah terima jabatan dan mendapatkan kenaikan pangkat. Beberapa di antaranya adalah Kapolda baru yang memimpin wilayah.

Dalam sambutannya, Kapolri menyampaikan beberapa pesan kepada pejabat baru yang dilantik, terutama masalah pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia.

Dia mengatakan, para pejabat baru yang dilantik terutama Kapolda yang melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Pejabat baru agar melaksanakan PPKM mikro bagi yang masuk dalam 7 Polda, sedangkan yang lain melaksanakan kegiatan imbangan,” kata Listyo Sigit.

Jenderal bintang empat itu mengingatkan munculnya varian Covid-19 baru yang sangat cepat penyebarannya. Untuk itu, Sigit meminta jajarannya untuk mengantisipasi.

Mantan Kapolda Banten ini juga meminta jajarannya untuk cepat melakukan 3T yaitu testing, tracing dan treatment. Pastikan anggotanya agar melaksanakannya dengan baik.

“Berikan reward bagi anggota yang telah melakukan zona merah menjadi zona hijau,” katanya.

Koordinasi penanganan Covid-19 dengan unsur forkopimda, kata Sigit, juga sangat penting dilakukan agar kasusnya dapat menurun.

Mantan Kabarareskrim Polri juga meminta agar jajarannya selalu mengawal program vaksinasi nasional yang saat ini sedang berlangsung.

Selain program penanganan Covid-19, Sigit juga memerintahkan jajarannya membantu pemerintah mengawal program pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi.

“Laksanakan, pengawasan dan pendampingan program dari pemerintah seperti UMKM. Proyek padat karya oleh pemerintah pusat maupun daerah berikan pendampingan agar dikawal,” katanya.

Anggota Polri, lanjut Sigit, diminta mendengar keluhan masyarakat yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi dan memberikan solusi agar mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Semoga perkembangan ekonomi bisa kembali normal maka perlu pendampingan dengan baik,” katanya.

Terakhir, dia mengingatkan jajarannya soal penanganan perkara dengan mengedepankan restorativ justice, agar rasa keadilan dirasakan dan diawasi pelaksanaan agar tidak terjadi penyelewengan.

“Lalu tentang mafia tanah seperti pengembangan perkebunan dan lain-lain mohon jadi perhatian,” tandas mantan Kapolresta Surakarta ini.

Berikut daftar perwira tinggi Mabes Polri dan Kapolda yang melakukan serah terima jabatan dan mendapatkan kenaikan pangkat:

  1. Koorsahli Kapolri Lama/Kapolda Sulut Baru: Irjen Pol Nana Sujana
  2. Koorsahli Kapolri Baru/Kapolda Sumut Lama: Irjen Pol Martuani Sormin
  3. Kapolda Sulut Lama/Kapolda Sumut Baru: Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak
  4. Kapolda Lampung Lama: Irjen Pol Purwadi Arianto
  5. Kapolda Lampung Baru: Irjen Pol Hendro Sugianto
  6. Kapolda Papua Lama: Irjen Pol Paulus Waterpauw
  7. Kapolda Papua Baru: Brigjen Pol Mathius D Fakhiri

Pejabat Naik Pangkat

  1. Komjen Pol Paulus Waterpauw (dari bintang dua ke tiga)
  2. Irjen Pol Mathius D Fakhiri (dari bintang satu ke dua)
  3. Irjen Pol Syahardiantono (dari bintang satu ke dua)
  4. Irjen Pol Suryanbodo Asmoro (dari bintang satu ke dua)
  5. Irjen Pol M Abdul Kadir (dari bintang satu ke dua)
  6. Brigjen Pol Eko Rusi Sudarto (dari kombes ke bintang satu)
  7. Brigjen Pol Pipit Rismanto (dari kombes ke bintang satu)
  8. Brigjen Pol Mustaqim (dari kombes ke bintang satu)
  9. Brigjen Pol Hariyanto (dari kombes ke bintang satu)
  10. Brigjen Pol Ahmad Alwi (dari kombes ke bintang satu)
  11. Brigjen Pol Rudi Hartono (dari kombes ke bintang satu)
  12. Brigjen Pol Samudi (dari kombes ke bintang satu)

(Sen)

  • Bagikan