Semakin Aman Berkendara Honda All New PCX 160 eSP+ dengan Anti-Lock Brake System

Februari 27, 2021

SEMARANG, RAKYATJATENG – Teknologi yang terdapat pada Honda All New PCX 160 eSP+ sudah dirancang sedemikan rupa agar para penggunanya semakin aman berkendara.

Salah satunya Anti-Lock Brake System atau sering disebut ABS. Fitur ini membantu para pengguna menggunakan rem depan tanpa harus kuatir roda terkunci.

Sesuai dengan kondisi berkendara, penggunaan rem bisa dibagi menjadi tiga, yaitu kuat, sedang, dan keseimbangan.

Rem kuat digunakan untuk mencapai jarak pengereman yang pendek. Teknik dasar rem kuat adalah menggunakan rem secara bersamaan namun lebih kuat rem depan dibanding belakang.

Rem sedang digunakan untuk mengurangi laju kendaraan menuju kecepatan yang diinginkan, agar sesuai kondisi kecepatan kendaraan sekitar.

Rem keseimbangan adalah saat kecepatan tertentu membantu pengendara menjaga keseimbangan.

Teknik ini lebih sering menggunakan rem belakang saja, saat keadaan tertentu membutuhkan waktu agar kecepatan turun lebih cepat maka bisa dibantu oleh rem depan.

Rem depan memiliki peran penting untuk mendapatkan hasil pengereman yang lebih pendek atau lebih cepat. Semakin kuat pengereman maka bobot pengendara dan motor akan berpindah, bertumpu ke roda depan.

Sehingga tekanan roda depan ke permukaan jalan lebih besar dibanding tekanan roda belakang. Maka, roda depan yang lebih menekan aspal perlu diberi kekuatan pengereman lebih besar.

Instruktur Safety Riding Jateng, Oke Desiyanto, menjelaskan teknik aman pengereman roda depan adalah dengan cara menekan atau menarik tuas rem secara bertahap sehingga roda tidak terkunci.

Sebagai pengendara, harus berlatih teknik ini agar mahir dan memiliki respons yang tanggap menggunakannya di jalan raya. Fitur ABS adalah langkah pencegahan roda mengalami sliding akibat pengereman yang kuat.

Komentar

VIDEO TERKINI