Polres Magelang Luncurkan Layanan SKCK Door to Door

  • Bagikan

MAGELANG, RAKYATJATENG – Polres Magelang meluncurkan layanan cashless dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) door to door di wilayah hukumnya. Hal ini merupakan terobosan kreatif dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Peluncuran dilakukan pada Kamis (25/2/2021) di halaman Mapolres Magelang yang dihadiri langsung oleh Kapolda Jateng, Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi beserta PJU Polda Jateng, Sekda Kabupaten Magelang, Dandim Magelang dan sejumlah pejabat lainnya.

Irjen Pol Ahmad Luthfi mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Polres Magelang.

Menurut dia, program pelayanan itu merupakan implementasi dari Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

“Sebenarnya ini salah satu dari enam program prioritas Kapolri, bahwa Polri memberikan kemudahan layanan bagi masyarakat dengan cepat menggunakan teknologi informasi diantaranya perpanjangan SIM, SKCK, dan sebagainya,” kata Kapolda.

Kapolres Magelang AKBP Ronald Ardiyanto Purba mengatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dari WBK menuju WBBM. Salah satunya dengan pelayanan SKCK door to door.

“Program ini merupakan terobosan kreatif, dimana kita bisa tetap produktif tapi tetap aman dari Covid-19,” ujarnya.

Adapun gambaran singkat pelayanan SKCK door to door, yaitu masyarakat yang membutuhkan SKCK menghubungi nomor hotline.

Kemudian petugas SKCK bersama Unit Identifikasi Sat Reskrim datang dengan membawa blangko biodata pemohon yang harus diisi.

Selanjutnya pemohon menyiapkan fotokopi KTP, KK, dan foto 4×6 dengan latar belakang merah sebanyak 4 lembar. Setelah blangko diisi pemohon dan sudah melaksanakan sidik jari maka proses selesai.

Permohonan dan syarat administrasi kemudian dibawa ke Polres Magelang untuk dilakukan pencetakan. SKCK selanjutnya akan diantar ke rumah pemohon dengan hanya membayar Rp30.000 sesuai PNBP.

“Pelayanan SKCK door to door diprioritaskan bagi difabel, kelompok rentan, dan pemohon yang apabila memerlukan SKCK misalnya terjadi bencana,” sebutnya.

Dia juga menerangkan, layanan ini juga bisa untuk pembuatan SKCK massal. Misalnya untuk hajatan pilkades, maka petugas SKCK dapat hadir di kantor kelurahan/kecamatan untuk memudahkan masyarakat.

“Ini merupakan terobosan kreatif untuk memberi pelayanan masyarakat. Mudah-mudahan bisa berkembang ke tempat lain,” jelasnya.

Sebelumnya, kegiatan pembuatan SKCK door to door juga telah dilaksanakan di Jalan Raya Candirejo, Dusun Kaliduren, Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, pada Jumat 18 Februari.

Petugas Bamin SKCK Sat Intelkam bersama Unit Identifikasi Sat Reskrim mendatangi masyarakat yang membutuhkan pelayanan penerbitan SKCK. (Sen)

  • Bagikan