Honda Selectable Torque Control Fitur Anti Slip Roda Belakang

Februari 24, 2021

SEMARANG, RAKYATJATENG – Sejak peluncuran All New PCX 160 eSP+ pada awal Februari kemarin, beragam teknologi yang tersemat di motor ini sontak menjadi perbincangan penyuka skutik gede.

Termasuk di antaranya adalah Honda Selectable Torque Control (HTSC) yang merupakan teknologi keamanan terbaru, yang disematkan Honda pada motor skutik premium terbarunya.

Fitur HTSC ini memang bukan fitur baru dalam pengembangan teknologi Honda. Namun merupakan kali pertama disematkan di motor skutik dengan cc mesin 160, setelah sebelumnya tersedia di motor Honda lainnya yang memiliki cc lebih besar.

Pengaturan torsi ini bermanfaat untuk menjaga traksi ban terhadap permukaan jalan. Honda melengkapi fitur ini di All New PCX 160 eSP+ karena kemampuan mesinnya yang meningkat secara signifikan jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Penyematan fitur HSTC ini tentu saja bukan tanpa sebab, karena All New Honda PCX 160 memiliki kemampuan yang sangat dekat dengan motor sport 150 cc.

Hal ini terlihat dari kekuatan mesin dalam mengekstrak tenaga hingga 16 PS/8500 Rpm dan dibandingkan terhadap bobot motor seberat 131 (CBS Type)/132 (ABS Type). Sehingga, untuk menjamin kesenangan dan keamanan berkendara tentunya Honda memilih untuk menyediakan fitur keamanan.

Cara kerja HSTC dalam mengatur target torsi yang akan dikeluarkan dari mesin yaitu dengan spontan mengurangi volume bahan bakar yang dialirkan ke ruang bakar walaupun bukaan gas tetap dipertahankan oleh pengendaranya.

Kondisi ini tercipta berdasarkan perintah Engine Control Modul setelah mendapat informasi jika ada perbedaan kecepatan putar roda belakang terhadap roda depan.

Dalam siaran pers yang diterima, Selasa (23/2/2021), Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng, Oke Desiyanto menjelaskan teknologi HSTC sangat bermanfaat untuk kegiatan berkendara sehari-hari. Hal ini selaras dengan kampanye keamanan berkendara yang digaungkan oleh Honda, #Cari_Aman.

Komentar

VIDEO TERKINI