Libur Imlek, Polres Klaten Gelar Swab Antigen Pengendara di Perbatasan

Februari 11, 2021

KLATEN, RAKYATJATENG – Menghadapi liburan panjang tahun baru Imlek, jajaran Polres Klaten Jawa Tengah menggelar random swab antigen di wilayah perbatasan. Sasarannya adalah wisatawan dan pengendara mobil dengan plat nomor polisi dari luar kota.

Pelaksanaan random swab antigen dimulai pada Kamis (11/2) sore sekitar pukul 16.30, di perbatasan antara Jawa Tengah (Jateng)-Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ), Kecamatan Prambanan, Klaten. Kuota yang disediakan untuk 50 orang pengendara setiap kali pemeriksaan.

“Sasaran dari random swab antigen ini adalah pengendara yang memasuki wilayah Klaten. Apalagi dengan adanya liburan panjang dan tahun baru Imlek terjadi peningkatan arus kendaraan dari arah Jogja menuju Klaten,” jelas Kasatlantas Polres Klaten AKP Bobby Anugrah Rachman.

Bagi pengendara yang dihentikan, wajib mengikuti random swab antigen di pos pengamanan di Prambanan. Mereka akan diambil sampel oleh petugas medis dari Klinik Pratama Polres Klaten. Selanjutnya diminta untuk menunggu hasilnya dalam waktu sekitar 15 ment.

Apabila dalam pelaksanaan random swab antigen hasilnya positif, maka pengendara yang bersangkutan akan diminta putar balik. Mereka diarahkan untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat. Salah satunya Rumah Sakit Bhayangkara yang ada di Kabupaten Sleman.

“Ini bagian dari pencegahan penyebaran virus Covid-19 di wilayah Klaten. Mudah-mudahan pada libur panjang kali ini tidak ada penambahan kasus baru,” ucapnya.

Bobby mengungkapkan, jika pelaksanaan random swab antigen akan digelar hingga Minggu (14/2) mendatang. Lokasinya tidak hanya di perbatasan Prambanan, tetapi juga di Delanggu, dengan mempertimbangkan kepadatan arus kendaraan. Setiap harinya ditargetkan ada 50 orang yang dites secara acak.

“Setiap kali menggelar random swab antigen ini, kami libatkan jajaran Kodim 0723 Klaten. Termasuk dinas perhubungan (dishub) dan satpol PP. Selain menggelar tes, juga melakukan sosialisasi protokol kesehatan (prokes) dan pembagian masker kepada pengendara,” tambahnya.

Komentar

VIDEO TERKINI