Ketua MUI Jateng: Pers Punya Peran Strategis dalam Masyarakat

Februari 8, 2021

SEMARANG, RAKYATJATENG – Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-75 tingkat Jateng berlangsung dengan sedeerhana, namun dalam suasana hangat, khusyuk dan penuh kekeluargaan, di Gedung Pers Jateng, Semarang, Senin (8/2/2021).

PWI Jateng mengawali peringatan HPN dengan doa bersama, memberikan tali asih bagi janda wartawan serta yang terasa istimewa adalah tausiyah dari Ketua MUI Jateng KH Ahmad Darodji.

Dalam tausiyahnya, Ketua MUI Jateng Ahmad Darodji mengajak pers dan masyarakat untuk tetap optimistis menghadapi pandemi Covid-19 dan cuaca esktrem. Menurut dia, ada nilai spiritual di balik kampanye 3 M untuk mencegah penularan Covid.

”Memakai masker itu diartikan agar hidung kita tidak mencium sesuatu yang buruk. Mulut tertutup agar kita menjaga lisan. Nabi Muhammad wanti-wanti agar kita berkata yang baik-baik atau diam saja. Sedangkan mencuci tangan, agar tangan kita selalu steril dari perbuatan jahat,” kata Darodji.

Terkait dengan cuaca yang ekstrem, Darodji juga meminta untuk tetap tenang dan optimistis. Dia minta agar hadirin berpikir ‘mlethik’.

Dia lalu menyitir Surat Al-Insyirah yang berbunyi inna ma’al usri yusra, yang artinya sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. ”Banjir itu hanya 3-7 kali dalam setahun, bukankah kita masih punya banyak hari dalam setahun? Di tengah kesulitan kini, ada dua pilihan, apakah kita akan menjadi orang peramah atau pemarah,” katanya.

Menurutnya, sesungguhnya pers punya peran strategis dalam masyarakat.

Dia berharap, perayaan HPN 2021 dijadikan momentum bagi PWI Jateng khususnya media untuk mengubah hari esok yang lebih baik. Dia berharap, pers Jateng ke depan akan selalu bisa mencerahkan umat.

Puncak perayaan HPN sendiri diadakan pada Selasa (9/2) besok dimana pengurus PWI Jateng bersama Gubernur Ganjar Pranowo dan Forkopimda akan memperingatinya secara virtual di Gedung Gradhika Bhakti Praja. Pelaksanaan HPN ini akan terhubung dengan peringatan HPN secara nasional yang dihadiri Presiden Joko Widodo.

Komentar

VIDEO TERKINI