Besok Pasar Tetap Buka, Pemkab Wonogiri Pilih Kerahkan Petugas Monitor

Februari 5, 2021

WONOGIRI, RAKYATJATENG – Pemkab Wonogiri Jawa Tengah memastikan masih membuka pasar tradisional selama penerapan dua hari Jateng di Rumah Saja, mulai besok hingga Minggu (6-7/2).

Selain itu, pedagang kaki lima (PKL) juga bisa beroperasi sesuai dengan aturan yang berlaku selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan, pemkab mengambil jalan tengah dalam menentukan kebijakan terkait operasional pasar tradisional selama Jateng di Rumah Saja.

Pasar-pasar masih tetap beroperasi seperti yang diatur dalam PPKM. Sebab, pemkab mengolaborasikan surat edaran (SE) Gubernur Jateng Ganjar Pranowo terkait gerakan Jateng di Rumah Saja dengan SE Menteri Dalam Negeri tentang PPKM.

Menurut Ganjar, gerakan Jateng di Rumah Saja digelar saat PPKM masih berjalan. Sementara dalam regulasi PPKM tidak diatur untuk melakukan penutupan pasar, toko, dan ruang-ruang publik secara masif. Yang diinstruksikan adalah agar semuanya diatur.

“Jalan tengahnya bagaimana? Jalan tengahnya kami akan berkoordinasi agar di pasar tradisional diletakkan petugas-petugas. Dalam hal ini satpol PP dan TNI-Polri,” ungkap bupati di ruang kerjanya, Jumat (5/2).

Petugas tersebut berkewajiban untuk melakukan monitoring. Apakah penerapan protokol kesehatan di tempat-tempat fasilitas punlik benar-benar sudah dilakukan secara ketat atau belum.

Bupati yang akrab disapa Jekek itu meyakini, aktivitas masyarakat bakal berkurang pada akhir pekan ini. Sebab, masyarakat sudah mendapatkan informasi terkait adanya gerakan Jateng di Rumah Saja.

“Meskipun begitu, fungsi monitoring ini akan menjaga. Apabila ditemukan masyarakat yang karena kejenuhan atau aspek lain (melanggar prokes), langsung bisa mendapatkan peringatan dan teguran dari petugas-petugas kami,” urai Jekek.

Dia menambahkan, upaya tersebut adalah upaya paling realistis yang bisa dilakukan oleh pemkab. Sebab, tidak akan mungkin menutup pasar, seperti dalam SE gubernur.

Komentar

VIDEO TERKINI