Dapur Umum untuk Korban Banjir di Jepara, Siapkan 1.000 Lebih Nasi Bungkus Sekali Masak

Februari 3, 2021

JEPARA, RAKYATJATENG – Posko dapur umum yang berada di kantor Balai Desa Dorang, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Selasa (2/1/2021) pagi, mulai sibuk dengan aktivitas memasak dan membungkus makanan, untuk memenuhi kebutuhan warga terdampak banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara Arwin Noor Isdiyanto menyampaikan, selain posko kesehatan, Pemerintah Kabupaten Jepara juga mendirikan dapur umum untuk menyiapkan makanan bagi ribuan warga Desa Dorang, Kecamatan Nalumsari yang terdampak banjir.

Saat ini, lanjutnya, ada dua dapur umum yang didirikan. Satu di antaranya di bawah koordinasi Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Palang Merah Indonesia (PMI). Sedangkan satu dapur umum lainnya di bawah koordinasi Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC).

“Mulai pagi sudah disiapkan untuk sarapan dan makan siang. Ada lebih 1.000 nasi bungkus tiap kali masak,” terangnya saat menjelang kunjungan ke lokasi banjir, Selasa (2/2/2021).

Petinggi Desa Dorang Arief Supratikno mengatakan, selain dapur umum dari Dinas Sosial, beberapa RT juga membuat dapur umum sendiri untuk memenuhi kebutuhan warganya. Namun demikian, mereka masih kesulitan untuk mendapatkan bahan pokoknya.

“Tiap RT juga sudah membuat dapur umum. Hanya logistiknya yang masih kurang,” kata dia.

Disampaikan Arief, ada 1.004 kepala keluarga (KK) lebih yang terdampak banjir. Saat ini, banyak dari mereka yang memilih untuk tetap tinggal di rumah masing-masing meskipun dalam kondisi banjir. Meski demikian, sudah disiapkan posko pengungsian, jika sewaktu-waktu debit air semakin naik. (*)

Komentar

VIDEO TERKINI