Ini Daftar Panwascam yang Dapat Penghargaan Bawaslu Kota Semarang

Februari 2, 2021

SEMARANG, RAKYATJATENG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang menggelar Evaluasi dan Apresiasi pada Penyelenggaraan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Semarang (Pilwalkot) 2020.

Kegiatan diikuti oleh Ketua, Anggota serta Sekretariat Panwascam se-Kota Semarang.

Ketua Bawaslu Kota Semarang, Muhammad Amin mengatakan Bawaslu telah melakukan evaluasi dan penghargaan kepada Panwascam sebagai apresiasi atas kinerja selama penyelenggaraan Pilkada 2020 di Kota Semarang.

“Evaluasi kami lakukan dalam rangka perbaikan kelembagaan ke depannya sebagai input, kritik juga sistem dalam Pilwakot 2020,” ujarnya, Selasa (2/2/2021).

Selain evaluasi, lanjutnya, dari semua divisi juga memberikan penghargaan dalam empat jenis kategori, yaitu tata kelola organisasi dan kelembagaan terbaik, tata kelola pengawasan dan pencegahan terbaik, tata kelola penanganan pelanggaran terbaik, dan tata kelola humas dan media sosial terbaik.

“Untuk kategori tata kelola organisasi dan kelembagaan terbaik dengan indikator pengelolaan sumber daya manusia, organisasi, keuangan, soliditas antar tim dan penyelesaian laporan diraih oleh Panwaslu Kecamatan Mijen sebagai terbaik pertama, Panwaslu Kecamatan Tugu sebagai terbaik kedua, dan Panwaslu Kecamatan Ngaliyan terbaik ketiga,” jelasnya.

Koordiv Penanganan Pelanggaran, Naya Amin Zaini menuturkan Evaluasi, diatur dalam ketentuan Pasal 30-32 UU Nomor 10 Tahun 2016 jo Perbawaslu No. 1 Tahun 2020. Bahwa selesainya pelaksanaan pengawasan Pilkada, maka pengawas pemilihan memiliki kewajiban untuk laporan dan evaluasi, serta dapat dilaksanakan pemberian apresiasi.

“Penghargaan dengan kategori penanganan pelanggaran yang berdampak luas dengan indikator output rekomendasi yang berdampak luas, diberikan kepada Panwaslu Kecamatan Gayamsari,” tuturnya.

Sedangkan penghargaan kategori pengadministrasian penanganan pelanggaran dengan indikator terisi laporan dan temuan, pengisian form pelanggaran rapi dan runtut diberikan kepada Panwaslu Kecamatan Pedurungan.

Komentar

VIDEO TERKINI