10 Ribu Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Sragen, Vaksinasi Mulai Senin

Januari 24, 2021

SRAGEN, RAKYATJATENG – Sebanyak 10 ribu dosis vaksin Covid-19 tiba di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Sabtu (23/1) malam pukul 21.05 WIB. Vaksin yang dibawa dalam lima kotak itu langsung disimpan di UPTD Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sragen.

Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Sragen Tri Raharno menyampaikan, Kabupaten Sragen mendapat 10 ribu dosis vaksin jenis Sinovac dari Pemprov Jawa Tengah.

“Sasarannya dialokasikan untuk vaksinasi 4.980 tenaga kesehatan (nakes). Targetnya Januari bisa terselesaikan pada tahap pertama,” terang Tri.

Rentang waktu antara penyuntikan tahap pertama dengan tahap kedua adalah 14 hari. Sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) yang digunakan sebagai lokasi vaksinasi juga telah disiapkan. Yakni di 11 rumah sakit dan 25 puskesmas.

Tri menyampaikan, sasaran penerima vaksin adalah tidak memiliki komorbid atau penyakit penyerta yang berisiko, berusia antara 15-59 tahun, dan tidak pernah terjangkit Covid-19 sebelumnya.

Meski vaksin ini diprioritaskan untuk nakes, namun dinkes tetap akan menyaring sejumlah nakes yang pernah terpapar Covid-19.

“Klau sudah pernah kena (positif Covid-19) dianggap sudah muncul antibodi. Jadi nanti ada tahap screning, kita akan mengetahui sudah kena atau tidak atau komorbid atau tidak,” ujarnya.

Kepala Dinkes Kabupaten Sragen, dr Hargiyanto mengungkapkan, para nakes akan mendapat vaksinasi termin pertama. Untuk jadwal vaksinasi, rencananya bakal dimulai pada awal pekan mendatang atau Senin (25/1).

Selain nakes, Bupati dan Wakil Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati-Dedy Endriyatno termasuk orang yang akan divaksinasi pada tahap pertama.

“Kami rencanakan vaksinasinya besok Senin pukul 08.00,” ujarnya. (rs/din/per/JPR/JPC)

Komentar

VIDEO TERKINI