Intensitas Hujan Tinggi, Empat Kecamatan di Kudus Terendam Banjir

Januari 21, 2021

KUDUS, RAKYATJATENG – Intensitas hujan yang tinggi membuat sejumlah daerah di Pati Raya mengalami banjir. Di Kudus, bahkan terjadi di empat kecamatan kemarin pagi. Yakni di Kecamatan Jati, Mejobo, Kaliwungu, dan Bae. Hal ini membuat ratusan rumah terdampak.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Kudus, di Kecamatan Mejobo banjir di antaranya terjadi di perempatan Mejobo. Air hingga menggenangi ruas Jalur Pantura dan gang-gang masuk desa. Baik menuju Desa Mejobo, Kesambi, maupun Golantepus. Sejumlah pengendara jalan nekat menerjang genangan air di jalan tersebut. Dampaknya, ada beberapa sepeda motor dan mobil mogok.

Di Desa Kesambi, air menggenangi perkampungan di Jembatan X. Limpasan air dari sungai Piji sempat masuk ke rumah warga. Di Kecamatan Mejobo, ada empat desa yang terdampak. Yakni, Desa Mejobo, Kesambi, Golantepus, dan Temulus.

Salah satu warga RT 1/RW 11 Desa Kesambi Sahal menyatakan, air sungai Piji sempat masuk rumah warga pada pukul 03.30 kemarin. Ketinggian air di depan rumahnya 30 sentimeter. ”Pukul 07.00 air di dalam rumah surut,” katanya.

Sementara itu, Trantib Satpol PP Kecamatan Mejobo Munaji menyatakan, pihaknya telah memantau empat desa di Kecamatan Mejobo yang banjir. ”Beberapa tanggul di Jembatan III hingga X memang ada yang bocor, sehingga air meluap. Air paling tinggi pada Senin sore. Tadi pagi (kemarin pagi, Red) sekitar pukul 07.00 air surut,” terangnya.

Di empat desa itu, total ada sekitar 600 rumah yang terdampak banjir. Paling parah terjadi di Desa Temulus. Ketinggian airnya bervariasi. Antara 30-80 sentimeter.

Camat Mejobo Muhammad Fitrianto mengatakan, dari data ada 10 rumah di Desa Golantepus yang kemasukan air. Sedangkan di Desa Temulus ada 15 rumah. Tapi rumah yang halamannya ikut tergenang totalnya mencapai 600 rumah. Ketinggian bervariasi. Antara 20-30 sentimeter di dalam rumag. Namun, sampai kemarin tidak ada warga yang mengungsi. ”Air berangsur surut saat hujan reda,” ujarnya.

Komentar

VIDEO TERKINI