10.609 Dosis Vaksin Covid Tiba di Solo, Besok Siap Vaksinasi Nakes

Januari 13, 2021

SOLO, RAKYATJATENG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surakarta telah mengambil 10.609 dosis vaksin Covid-19 dari Semarang. Vaksin tiba pada Selasa (12/1) malam, dengan pengawalan ketat aparat kepolisian. Vaksin yang akan digunakan pada esok hari (14/1) itu langsung disimpan di fasilitas kesehatan (faskes) di kawasan Laweyan.

Kepala Dinkes Kota Surakarta Siti Wahyuningsih mengatakan, pihaknya sudah megirimkan dua armada kendaraan dinas yang memiliki fasilitas lengkap untuk mengambil dan mengangkut vaksin dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah pada Selasa (12/1) sore. Armada itu dikawal ketat aparat kepolisian dan langsung disimpan di salah satu faskes di kawasan Laweyan.

“Kami ambil langsung dari provinsi, tiba di Solo malam hari,” ucap perempuan yang akrab disapa Ning itu.

Untuk vaksinasi pada 14 Januari besok, Pemkot Surakarta mendapat jatah sebanyak 10 ribu-an dosis vaksin Sinovac. Sasarannya adalah semua tenaga kesehatan (nakes) dan pendukungnya.

“Pelaksanaan vaksinasi bakal menyesuaikan nakes masing-masing. Nakes yang mendapat SMS blast, diminta untuk segera konfirmasi untuk memilih lokasi vaksinasi terdekat,” terang Ning.

Sesuai rencana, vaksinasi akan dilaksanakan di 33 faskes yang ditunjuk sebelumnya. Perhitungan awal, pendistribusian 10.609 vaksin Sinovac tahap pertama ini dapat diselesaikan dalam sepekan dengan jadwal vaksinasi tiga kali dalam satu pekan.

“Setelah vaksinasi dilakukan, peserta imunisasi diminta untuk istirahat sekitar 30 menit untuk melihat kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI). Jika tak ada efek samping yang berarti bisa langsung melanjutkan aktivitasnya. Untuk vaksinasinya tiap nakes dijatah dua kali penyuntikan dengan selang waktu 14 hari setelah imunisasi pertama,” papar dia. (rs/ves/per/JPR/JPC)

Komentar

VIDEO TERKINI