Kurangi Kemacetan, Pemkab Semarang Usulkan Rute Baru Trans Jateng Lewati Bandungan

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Dinas Perhubungan Kabupaten Semarang mendorong pembukaan rute baru moda transportasi umum Trans Jateng melewati Bandungan. Hal itu dilakukan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di kawasan wisata Bandungan, terutama pada hari libur.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Semarang Rudibdo mengatakan, pembukaan terminal tipe C di Bandungan dapat diarahkan untuk mewujudkan rencana itu.

“Kita sudah komunikasikan secara lisan ke Ketua DPRD Jateng dan Dishub Jateng mengenai hal itu,” katanya saat menghadiri acara syukuran para pedagang yang akan menempati kios dan shelter niaga di Subterminal Bandungan, Minggu (10/1/2021).

Menurut Rudibdo, pengaturan lalu lintas di kawasan wisata Bandungan menjadi salah satu indikator manajemen lalu lintas saat peak season. Adanya moda transportasi umum, diharapkan dapat mengurangi kepadatan kendaraan pribadi penyebab kemacetan.

Dan, keberadaan Subterminal Bandungan dapat menciptakan penyelenggaraan transportasi umum yang memadai. Direncanakan pula penambahan fasilitas tourist information centre (TIC), money changer di tempat itu.

Terkait kios dan shelter niaga di Subterminal Bandungan, di hadapan perwakilan pedagang, Rudibdo mengharapkan untuk ikut memelihara aset pemerintah yang telah dibangun itu.

Dia mengingatkan, Pemkab Semarang memiliki komitmen menata kawasan wisata Bandungan sebagai salah satu ikon wisata. Di sisi lain, pemerintah tetap memperhatikan nasib para pedagang yang dulu berniaga di seputaran Pasar Bandungan.

Data dari Dishub, lanjutnya, Subterminal Bandungan memiliki luas sekitar 5.900 meter persegi. Terdapat 40 kios dan shelter bagi pedagang bunga hias yang sebelumnya menggelar dagangan di depan Kantor Kecamatan Bandungan. Subterminal Bandungan mampu menampung 12 hingga 14 unit bus ukuran besar, 20 unit mobil dan 25 unit sepeda motor.

Pengurus paguyuban Subterminal Bandungan, Sukro Partono menyampaikan terima kasih atas perhatian pemerintah kepada para pedagang. Dia berharap, penataan kawasan wisata Bandungan dapat meningkatkan kesejahteraan pedagang. (*)

  • Bagikan