Kapal Nelayan Kendal Tenggelam, 15 ABK Berhasil Diselamatkan

Januari 7, 2021

BATANG, RAKYATJATENG – Sebuah kapal nelayan “Sri Lestari” milik Abdul Rosyid, warga Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, tenggelam di perairan Laut Jawa atau sekitar satu mil dari bibir pantai Sigandu Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (7/1/2021).

Kepala Satuan Polair Polres Batang AKP Eko Marudin mengatakan bahwa kapal nelayan yang tenggelam itu terjadi sekitar pukul 09.00 WIB dengan membawa 15 anak buah kapal (ABK).

“Akan tetapi, semua ABK dapat diselamatkan dari musibah itu. Para ABK yang terombang-ambing di laut bisa kami selamatkan dengan menggunakan perahu karet dan kapal milik nelayan,” ujarnya, di Batang, Kamis.

Polisi Satuan Polair Polres Batang bersama BPBD dan nelayan melakukan proses evakuasi pada 15 ABK kapal nelayan Sri Lestari yang tenggelam di perairan utara Pantai Sigandu, Batang, Kamis (7/1/2021). (ANTARA/HO/Dok. Satuan Polair Polres Batang)

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Batang Teguh Tarmujo mengatakan kapal nelayan yang mengangkut 15 orang itu semula akan berlabuh setelah mencari ikan.

“Dari informasinya kondisi kapal sudah tidak layak berlayar sehingga terjadi kebocoran saat membawa hasil tangkapan ikan. Saat itu, nakhoda sudah berinisiatif berlabuh ke daratan setelah dalam perjalanan mencari ikan terjadi kebocoran, tetapi sebelum sampai ke pelabuhan terdekat kapal tenggelam,” ungkapnya.

Ia mengatakan kondisi cuaca dan hujan deras yang mengguyur pantai utara juga sebagai faktor tenggelamnya kapal nelayan itu.

“Alhamdulillah sebanyak 15 ABK sudah sampai ke darat dan selamat dan sekarang mereka masih berada di Kantor Satuan Polair Polres Batang,” kata Teguh Tarmujo. (Antara)

Komentar

VIDEO TERKINI