Dianggarkan Rp230 M, Normalisasi Kali Beringin Ditarget Tuntas 2022

Januari 4, 2021

SEMARANG, RAKYATJATENG – Walikota Semarang Hendar Prihadi terus berupaya menuntaskan pengetasan wilayah banjir di Kota Semarang. Selain fokus menuntaskan perbaikan sistem drainase Semarang Timur, Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi ini juga tengah mengerjakan perbaikan sistem drainase Mangkang.

Salah satunya yang sedang digarap adalah normalisasi Sugai Beringin yang telah dimulai sejak 13 November 2020. Pemerintah Kota Semarang pun menargetkan normalisasi Sungai Beringin akan selesai pada 2022.

Hendi menegaskan jika normalisasi Sungai Beringin mendesak dilakukan karena sungai tersebut kerap meluap. Warga di wilayah Mangkang sering terdampak banjir.

“Kondisi Sungai Beringin sangat memprihatinkan, bahkan setiap tahun banjir terjadi akibat luapan air dari Sungai Beringin, maka normalisasi ini menjadi prioritas agar banjir tidak lagi terjadi di wilayah Mangkang dan sekitarnya,” katanya.

Hendi sendiri berharap masyarakat dapat mendukung upaya normalisasi Sungai Beringin tersebut, sehingga dapat diselesaikan tepat waktu.

“Menuntaskan persoalan banjir di Kota Semarang tidak dapat diupayakan oleh satu pihak saja, semua harus nyengkuyung. Misalnya di Sungai Beringin ini, Pemerinta Kota Semarang ambil bagian, Pemerintah Pusat ambil bagian, sedulur-sedulur di sekitar juga harus ambil bagian, dengan mendukung pembangunan,” jelas Hendi.

“Maka harapannya tidak muncul persoalan-persoalan seperti pembebasan lahan,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang, Sih Rianung, mengatakan bahwa normalisasi Sungai Beringin di wilayah Mangkang bakal dibiayai pemerintah pusat dengan anggaran sebesar Rp230 miliar melalui sistem tahun jamak.

Sedangkan untuk pembebasan lahan akan dilakukan oleh Pemerintah Kota Semarang. “Untuk normalisasi Sungai Beringin akan dilakukan multi years oleh Pemerintah Pusat, anggarannya sekitar Rp230 miliar. Dan untuk pembebasan lahan dalam dua tahap oleh Pemerintah Kota Semarang,” kata Rianung.

Komentar

VIDEO TERKINI