Puskesmas Ngargoyoso Kembali Ditutup Sementara, Nakes dan Sopir Terpapar Covid

Januari 1, 2021

KARANGANYAR, RAKYATJATENG – Pelayanan di Puskesmas Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, dihentikan sementara setelah empat tenaga kesehatan (nakes) dan satu sopir positif Covid-19.

Penutupan fasilitas kesehatan ini merupakan kali kedua. Pada September 2020, puskesmas ini sempat stop aktivitas karena juga ada yang positif.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar Dwi Rusharyanti mengatakan, penutupan pelayanan UGD dan rawat inap di Puskesmas Ngargoyoso terpaksa dilakukan. Sebab, petugas nakes sangat minim, lantaran beberapa karyawan terpapar Covid 19.

“Kemarin kami sudah ke sana (Puskesmas Ngargoyoso) dan melakukan tindakan dengan melakukan rapid dan swab test. Dan alhamdulillah (nakes lainnya, Red) negatif. Tapi untuk mengantisipasi karena minimnya petugas, maka kepala puskesmas dan dinkes mengambil kebijakan itu (menutup sementara pelayanan, Red),” terang Dwi.

Dia menambahkan, lima nakes dan karyawan yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu diduga terpapar Covid-19 dari salah seorang dokter di puskesmas tersebut. Saat ini dokter itu sudah melakukan isolasi mandiri. Sementara pelayanan puskesmas dialihkan ke puskesmas terdekat, yakni Puskesmas Kerjo dan Puskesmas Karangpandan.

“Semua hampir kena tracing. Kami akan menunggu hasilnya nanti. Sesuai dengan jadwal pelayanan UGD dan rawat inap ditutup sampai 4 Januari 2020,” jelasnya. (rs/rud/per/JPR/JPC)

Komentar