Walikota Solo Siap Jadi Orang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19

Desember 31, 2020

SOLO, RAKYATJATENG – Walikota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo siap menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19. Dia siap jadi relawan sebelum vaksinasi dilakukan secara masal agar masyarakat tidak ragu.

Sejumlah langkah dan tahapan vaksinasi Covid-19 sudah mulai dibahas beberapa pekan terakhir. Meski petunjuk teknis (juknis) dan petunjuk pelaksanaan (juklak) belum turun, Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta menyambut baik hadirnya vaksin.

“Saya siap jadi relawan yang pertama disuntik vaksin Covid-19 untuk mewakili masyarakat Solo. Ini untuk meyakinkan bahwa vaksin ini aman bagi masyarakat,” kata Rudy, Rabu (30/12).

Dia menegaskan, vaksinasi Covid-19 sangat dibutuhkan masyarakat sekaligus untuk memutus rantai penularan Covid-19 di Solo. Pemkot sudah meminta pada dinas kesehatan (dinkes) untuk membuat daftar orang yang layak mendapatkan vaksinasi Covid-19 tahun depan.

“Sarana dan prasarananya untuk menyimpan vaksinasi Covid-19 sudah disiapkan, mulai dari puskesmas dan rumah sakit. SDM (sumber daya manusia) yang bertugas menyuntik juga sudah ada,” terang wali kota.

Di lain sisi, Pemkot Surakarta juga telah menyiapkan anggaran dari APBD 2021 untuk membeli vaksinasi Covid-19. “Dalam pembahasan APBD 2021, kami telah mengusulkan pada DPRD Solo untuk pembelian vaksinasi Covid-19,” tegas Rudy.

Kepala Dinkes Surakarta Siti Wahyuningsih menambahkan, dari daftar penerima vaksin yang sudah disusun oleh pemkot, golongan tenaga kesehatan dan ASN bakal diprioritaskan disuntik vaksin Covid-19. Selanjutnya, petugas pelayanan, TNI, Polri, kemudian di pelayanan publik, dan guru.

“Pelatihan SDM untuk persiapan melakukan penyuntikan masal vaksin Covid-19 sudah kami lakukan. Sekarang kami tinggal menunggu vaksin untuk diberikan pada masyarakat,” tuturnya. (rs/ves/per/JPR/JPC)

Komentar