Malam Tahun Baru, Jalan Lawu Karanganyar Ditutup, Tawangmangu Disterilkan

Desember 30, 2020

KARANGANYAR, RAKYATJATENG – Guna mencegah kerumunan massa, Pemkab Karanganyar menutup total Jalan Lawu Karanganyar pada malam tahun baru. Penutupan dilakukan dari simpang empat Papahan, Tasikmadu, hingga simpang lima Bejen, Karanganyar Kota, mulai Kamis (31/12/2020) pukul 16.00 sampai Jumat (1/1/2021) pukul 04.00.

Jajaran Satlantas Polres Karanganyar bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Karanganyar menyiagakan personel di titik yang ditutup. Serta melakukan patroli di sepanjang Jalan Lawu. Terutama di Plasa Alun-Alun maupun jalur lambat Jalan Lawu yang kerap jadi tempat tongkrongan anak muda.

Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Maulana Ozar menjelaskan, selama penutupan, semua petugas akan disiagakan menjaga jalan-jalan kampung menuju Jalan Lawu.

”Sudah kami siapkan anggota untuk penutupan Jalan Lawu. Kemudian, gang yang ada di kampung kami imbau untuk ditutup. Beberapa sudah ada portalnya,” terang kasatlantas didampingi KBO Lantas Ipda Anggoro.

Selama penutupan tersebut, arus lalu lintas akan dialihkan ke sejumlah ruas jalan. Kendaraan yang melintas dari arah timur menuju Solo dialihkan melalui jalur alternatif selatan. Dari simpang Bejen belok kiri ke Masjid Al Mukaromah hingga simpang Pundak. Sementara kendaraan dari arah barat dialihkan ke jalur utara. Dari simpang empat Papahan belok kiri ke utara melalui Koramil Tasikmadu hingga simpang lima Beji.

Ditanya terkait dengan rencana penutupan akses ke lokasi wisata Tawangmangu dan beberapa lokasi lainnya, Anggoro mengungkapkan, wilayah Tawangmangu disterilkan dan tidak ada yang melakukan kegiatan di wilayah tersebut di malam tahun baru. Kecuali warga setempat yang melakukan aktivitas perekonomian.

”Untuk yang Tawangmangu kami masih melakukan kajian dengan pemerintah. Penutupannya seperti apa, ini kami kaji. Kalaupun ditutup itu nanti akan dibatasi mulai dari Karangpandan, Matesih, dan Ngargoyoso,” jelasnya.

Komentar