Puluhan Pemudik Masuk Brebes Dirapid Antigen, Ini Hasilnya

Desember 27, 2020
Belum ada gambar

BREBES, RAKYATJATENG – Sedikitnya puluhan pemudik yang masuk ke Kabupaten Brebes Jawa Tengah via Tol Pejagan-Pemalang menjalani pemeriksaan sampel swab rapid antigen. Dari data yang diperoleh, 71 pemudik diambil sampelnya.

Kepala BLUD UPT Puskesmas Tanjung Adhi Supriadi mengatakan, pelaksanaan pengambilan sampel swab rapid antigen dilaksanakan di Rest Area KM 260. Hal itu dilakukan untuk antisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) selama libur Natal dan Tahun (Nataru).

“Tadi ada 71 pemudik yang menjalani rapid antigen. Hasilnya, semuanya menunjukkan nonreaktif,” ujarnya, Minggu (27/12).

Dijelaskannya, dalam pengambilan sampel swab rapid antigen, pihaknya juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), TNI-Polri, serta instansi terkait. Bagi pemudik yang diketahui hasilnya nonreaktif maka diperbolehkan melanjutkan perjalanannya.

“Dan kami selama pelaksanaan pengambilan sampel terus memberikan edukasi pemahaman dalam mematuhi protokol kesehatan selama perjalanan pulang,” jelasnya.

Ditambahkannya, jika dalam pengambilan sampel ada pemudik yang diketahui reaktif, maka pihaknya akan memberikan edukasi. Baik itu disarankan untuk kembali ke daerah asal maupun untuk segera melakukan isolasi mandiri.

“Jika ditemukan pemudik yang reaktif, maka kami sarankan pemudik untuk bisa isolasi mandiri dan memeriksakan kesehatan ke dinas kesehatan setempat. Kami akan melakukan pemeriksaan ini hingga akhir tahun ini,” pungkasnya. (ded/ima/rdt)

Komentar

VIDEO TERKINI