PT KAI Daop 4 Semarang Siapkan 5 Posko Kesehatan Selama Masa Angkutan Nataru

Desember 18, 2020
Belum ada gambar

SEMARANG, RAKYATJATENG – Menghadapi masa angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru), PT KAI (Persero) Daop 4 Semarang bersiap siaga demi terselenggaranya operasi Nataru yang aman, lancar dan selamat.

Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop 4 Semarang, Muhammad Nurul Huda mengatakan PT KAI telah menetapkan masa angkutan Nataru selama 20 hari. Yakni mulai 18 Desember 2020 hingga 6 Januari 2021.

“Selama periode itu, kami memberikan perhatian ekstra di segala aspek operasional kereta api,” ujarnya di Stasiun Semarang Tawang, Jumat (18/12/2020).

Di sisi prasarana, PT KAI Daop 4 Semarang menyiagakan alat material untuk siaga (AMUS). Di antaranya kereta mesin perawat jalan rel, bantalan rel, batu balas, karung pasir, rel bekas, dan sebagainya di seluruh wilayah operasi, terutama di daerah rawan.

“AMUS ini disiapkan di seluruh wilayah PT KAI Daop 4 Semarang guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama libur Nataru,” kata Huda.

Selain itu PT KAI Daop 4 Semarang juga menambah personel di sepanjang jalur rel. Personel terdiri dari petugas penilik jalan (PPJ) ekstra sejumlah 59 orang, penjaga lintasan (PJL) rawan 5 personel, penjaga daerah rawan 18 personel, ditambah petugas Flying Gank yang disiagakan selama 24 jam.

PT KAI juga menyiapkan posko kesehatan di 5 lokasi yang terletak di Stasiun Semarang Tawang, Semarang Poncol, Tegal, Pekalongan, dan Cepu. Tenaga medis yang disiapkan antara lain 7 dokter umum, dan 18 orang paramedis.

Tidak hanya itu, fasilitas penunjang kesehatan juga disiapkan, antara lain 5 unit ambulans, 20 unit kursi roda dan tandu di 20 stasiun, dan 5 unit perangkat penyelamat jantung.

Komentar

VIDEO TERKINI