Bangun 42 Saluran Irigasi, Program P3-TGAI di Wonogiri Rampung

Desember 17, 2020
Belum ada gambar

Sementara itu, Bupati Wonogiri Joko Sutopo menuturkan, outcome program ini berhasil mempertahankan tingkat pelayanan kondisi jaringan irigasi guna melayani areal sawah seluas 2.210 hektare, dengan rata-rata hasil panen 6,5 ton per hektare.

“Berkat dukungan dan peran aktif seluruh pihak, keseluruhan program berjalan dengan baik tanpa kendala,” ungkap Joko Sutopo.

Setiap desa atau daerah irigasi yang mendapatkan program tersebut mendapat anggaran sebesar Rp195 juta yang bersumber dari APBN. Dalam proses pengerjaannya dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama pada April-Juli menyasar sepuluh desa. Tahap kedua pada Juni-Agustus menyasar sebanyak tujuh desa. Adapun tahap ketiga pada September-Desember, menyasar 21 desa.

Saluran irigasi yang dikerjakan dalam program tersebut rata-rata lebarnya 40 sentimeter. Namun juga ada yang lebarnya satu meter. Sedangkan panjangnya rata-rata 300-400 meter persegi. Selain itu juga ada swadaya penambahan panjang saluran irigasi, rata-rata 10 meter.

“Adapun rincian hasil panen rata-rata adalah 5,8 ton per hektare. Dengan angka tersebut, hasil panen dalam satu masa tanam sebanyak 12.818 ton dalam satu musim tanam. Sungguh suatu hasil yang layak untuk disyukuri bagi para petani, karena mampu mempertahankan produktivitas dan mempertahankan ketahanan pangan. Saya minta para penerima program memanfaatkan dan merawat hasil program ini dengan sebaik-baiknya,” pungkas Joko Sutopo. (*)

Komentar

VIDEO TERKINI