Bangun 42 Saluran Irigasi, Program P3-TGAI di Wonogiri Rampung

Desember 17, 2020
Belum ada gambar

WONOGIRI, RAKYATJATENG – Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) tahun 2020 di Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah selesai sudah. Jumlah penerima program tersebut di Wonogiri sebanyak 42 perkumpulan petani pemakai air (P3A) desa/kelurahan yang tersebar di beberapa kecamatan.

Dalam program tersebut, Wonogiri menjadi kabupaten yang mendapatkan kuota penerima terbanyak se-Jawa Tengah.

Kepala Bidang Sumber Daya Air, Dinas Pekerjaan Umum Wonogiri, sekaligus Tim Pelaksana P3-TGAI 2020, Bowo Dwi Hartono, menjelaskan, program tersebut bertujuan untuk meningkatkan fungsi jaringan irigasi. Jika sebelumnya air hanya bisa mengaliri 25 hektare lahan pertanian, saat ini bisa mengaliri 40 hektare lahan.

“Dengan adanya peningkatan ketercukupan air, maka produksi pertanian akan meningkat,” kata Bowo pada acara penandatanganan serah terima kegiatan P3-TGAI di pendopo rumah dinas Bupati Wonogiri, Kamis (17/12/2020).

Irigasi yang dikerjakan merupakan irigasi yang rusak akibat bencana dan saluran yang masih sederhana. Selama ini banyak yang terjadi kebocoran karena saluran masih berupa tanah. Setelah dikerjakan melalui P3-TGAI, kebocoran itu bisa diatasi.

“Program ini dikerjakan layaknya padat karya. Jadi ada pemberdayaan, peningkatan ekonomi serta kesejahteraan untuk masyarakat. Warga kurang mampu, baik laki-laki maupun perempuan serta para difabel diikutsertakan,” ujarnya

Ditambahkannya, saat ini terdapat 402 daerah irigasi di Wonogiri dengan total luasan 28.784 hektare. Kondisi saat ini, 60 persen dalam kondisi baik, 40 persen dalam kondisi rusak. Jadi ada sekitar 12.000 hektare yang perlu perbaikan.

“Saluran yang masih rusak itu perlu penanganan dari pemerintah. Maka akan kami perbaiki secara keberlanjutan atau bertahap. Sesuai dengan komitmen Pak bupati ingin menyejahterakan petani,” kata Bowo.

Komentar

VIDEO TERKINI