Amankan Nataru, Polresta Surakarta Turunkan 550 Personel

Desember 17, 2020
Belum ada gambar

SOLO, RAKYATJATENG – Polres Kota Surakarta, Jawa Tengah, akan menurunkan 550 personelnya untuk menjamin keamanan selama liburan Natal 2020 dan Tahun Baru (Nataru) 2021 di Kota Solo.

Polresta Surakarta akan melaksanakan Operasi Lilin Candi 2020 mulai 21 Desember selain melakukan pengamanan di gereja-gereja di wilayah hukum Surakarta, juga menurunkan tim Pengurai Kerumunan (TPK) yang secara “mobiling” di lima kecamatan di Kota Solo, kata Kepala Polresta Surakarta,Kombes Pol Ade Safri Simanjutak di Solo, Kamis (17/12/2020).

“Personel TPK ini, selalu bergerak memonitor dan memantau adanya kerumunan selama baik liburan Natal maupun Tahun Baru 2021,” kata Ade Safri Simanjutak.

Menurut Kapolres, sangat jelas karena kerumunan berpotensi terhadap penyebaran COVID-19 secara masif.

“Kami akan melakukan pembubaran setiap ada kerumunan massa. Kami sudah melakukan koordinasi dengan jajaran TNI dengan Pemerintah Kota Surakarta, kami melarang adanya perayaan pergantian malam Tahun Baru 2021 yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa akan dibubarkan,” kata Kapolres.

Lima TPK sudah terbentuk, yakni gabungan dari anggota TNI, Polri dan Satpol PP Kota Surakarta.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan penyekatan empat pintu masuk di wilayah Surakarta menjelang malam Tahun Baru 2021. Sasarannya, terutama barang-barang berbahaya, dan senjata tajam yang dimungkinkan masuk ke wilayah Surakarta.

“Kami termasuk menghalau penyekat rombongan-rombongan yang menuju ke Surakarta, karena kami tidak menginginkan tingkat konsentrasi massa yang merayakan pergantian tahun baru di wilayah Solo,” kata Kapolres.

Bahkan, tim mobiling dari Satuan Lantas Polresta Surakarta juga akan bergabung dengan Dinas Perhubungan setempat akan patroli razia penggunaan kendaraan dengan knalpol yang bukan standart. Kendaraan knalpot tidak standart akan ditindak hingga diganti sesuai aslinya.

Komentar

VIDEO TERKINI