Kenalkan 2 Bus Anticorona dari Jateng, untuk Penumpang dan Laboratorium

Desember 15, 2020
Belum ada gambar

SEMARANG, RAKYATJATENG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau dua unit bus anticorona karya perusahaan karoseri Jateng. Bus berlabel “Bio Smart and Safe Bus” ini diparkir di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, Senin (14/12).

Dua unit bus tersebut terdiri atas bus penumpang dan bus Bio Laboratorium. Bus tersebut dibuat dengan standar tinggi untuk meminimalkan penyebaran Covid-19.

Direktur Teknik Laksana Bus Stefan Arman mengatakan, Bio Smart and Safe Bus tersebut didesain menggunakan pendekatan segitiga sakti.

Di antaranya aspek lingkungan atau environment, aspek pathogen dengan pengaplikasian lapisan nano silver yang dapat menguraikan virus atau bakteri pada interior bus, dan aspek host atau penumpang dengan penggunaan masker khusus dengan kandungan herbal.

“Aspek lingkungan sudah mengadopsi tata letak kursi 1-1-1 atau physical distancing. Sistem yang membedakan dengan bus pada umumnya adalah sirkulasi udara yang sudah mengadopsi sistem sirkulasi udara di pesawat,” terang Stefan.

Lebih lanjut dia menjelaskan, sistem sirkulasi udara dingin yang diembuskan melalui AC langsung vertikal ke bawah. Udara itu kemudian dihisap dan disalurkan ke 3 tahapan filter, yaitu prefilter, HEPA grade filter, dan UV C.

“Diharapkan dengan sistem sirkulasi udara yang baru ini bisa meminimalkan viral load yang ada di dalam kabin bus,” ungkapnya.

Bio Smart and Safe Bus didesain dengan standar tinggi untuk meminimalkan penyebaran Covid-19. ()

Sementara itu, bus Bio Laboratorium merupakan prototype pertama yang memodifikasi kendaraan bus untuk laboratorium. Pada dasarnya bus Bio Laboratorium itu sama dengan bus-bus laboratorium yang sudah ada. Bedanya, bus Bio Laboratorium tersebut memiliki banyak ruangan tersekat dengan Bio Safety level tinggi dari kendaraan laboratorium lainnya.

Komentar

VIDEO TERKINI