Rencana Operasional Trans Jateng Koridor Semarang-Godong Makin Matang

Desember 12, 2020

GROBOGAN, RAKYATJATENG – Rencana operasional angkutan aglomerasi perkotaan atau Trans Jateng koridor Semarang-Godong semakin matang. Tahun depan ditargetkan sudah beroperasi.

Kepala Dishub Grobogan Agung Sutanto melalui Ka UPTD Sarana Prasarana Perhubungan Wilayah Barat Fandy Murdiyanto mengungapkan, pengoperasian ditarget September 2021.

”Awalnya angkutan Trans Jateng ini akan melintasi Semarang hingga Gubug. Namun, setelah dikajian akan langsung dikembangkan hingga Godong,” jelasnya.

Maka, OPD terkait langsung mengebut sosialisasi di enam kecamatan. Di antaranya di Kecamatan Karangrayung, Godong, Gubug, Kedungjati, Tanggungharjo, dan Tegowanu. Sebab Trans Jateng akan melalui wilayah tersebut.

Tahap awal akan dilakukan perbaikan Terminal Gubug dengan anggaran Rp 3 miliar. Dana tersebut dipakai untuk perbaikan landasan park and ride dan manuver serta halte. Utamanya dalam peningkatan landasan untuk akses keluar dan masuk. Kemudian pembangunan park and ride.

”Sekaligus untuk paket konsultasi penyusunan DED dan master plan serta dokumen andalalin,” ungkapnya.

Selain itu, prasarana dan sarana yang ada di terminal Gubug akan ditingkatkan. ”Terminal ini cukup luas untuk manuver dan park and ride. Namun, prasarana penunjang harus ditambah lagi. Selama ini belum pernah ada perbaikan. Hanya perawatan,” tuturnya.

Rencananya akan didirikan 15 halte untuk tahap awal dari Termial Penggaron hingga Gubug. Nantinya tujuh kendaraan stand by dari Terminal Gubug dan tujuh dari Terminal Penggaron.

Sedangkan untuk estimasi waktu diperkirakan 1,5 jam dengan waktu tunggu 15 menit-20 menit. Tarif angkutan aglomerasi perkotaan ini berkisar Rp 4 ribu untuk umum. Sedangkan pelajar, buruh, dan veteran hanya Rp 2 ribu.

”Nanti juga akan ada feeder berbasis angkudes sebagai penunjang Trans Jateng ini. Harapannya masyarakat yang berada di kawasan pendukung jalur Jateng bisa terjaring. Rute yang diusulkan yakni Karangrayung-Truko-Gubug. Kemudian Gubug-Kuwaron-Sugihmanik-Tanggungharjo-Tegowanu. (ks/int/mal/top/JPR/JPC)

Komentar