GP Ansor Salurkan 2.000 Masker kepada Warga Merapi

Desember 12, 2020
Belum ada gambar

MAGELANG, RAKYATJATENG – Gerakan Pemuda Ansor menyalurkan bantuan masker kepada warga kawasan Gunung Merapi di Dusun Batur Ngisor, Desa Ngargomulyo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, sebagai wujud partisipasi pencegahan penularan COVID-19 dan antisipasi kemungkinan terjadi erupsi gunung berapi tersebut.

Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Magelang Arif Sholikhan dalam keterangan tertulis di Magelang, Sabtu (12/12/2020), mengatakan sekitar 2.000 masker sudah disalurkan kepada warga setempat.

Penyaluran bantuan masker kepada masyarakat tersebut sebagai bagian dari penyaluran lima juta masker dalam kerja sama Kantor Staf Kepresidenan, Aice, dan GP Ansor –salah satu organisasi otonomi di bawah Nahdlatul Ulama.

“Ada dua ribu masker diserahkan, fungsinya ganda, selain antisipasi penyebaran COVID-19, namun saat Merapi erupsi, masker juga berfungsi melindungi warga dari bahaya abu vulkanik,” kata dia.

Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegununapian Geologi yang berkantor di Yogyakarta sejak awal November lalu meningkatkan status aktivitas vulkanik Gunung Merapi dari level II (Waspada) ke level III (Siaga), atau satu level di bawah tingkat tertinggi, level IV (Awas). Wilayah Gunung Merapi meliputi sejumlah kabupaten di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ia menyebut penyerahan masker tersebut pada Jumat (11/12) sore oleh Wakil Ketua PC Ansor Kabupaten Magelang Ahmad Muslim kepada kepala dusun dan perwakilan warga setempat dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan virus corona jenis baru itu.

Sekitar 20 personel hadir pada kesempatan itu, antara lain dari PC Ansor Kabupaten Magelang, Barisan Ansor Serba Guna (Banser), Barisan Ansor Tanggap Bencana (Bagana), dan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU).

Komentar

VIDEO TERKINI