Duh, Kabupaten Rembang Zona Merah Covid-19 Lagi

Desember 12, 2020
Belum ada gambar

REMBANG, RAKYATJATENG – Kasus Covid-19 di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, kembali masuk zona merah lagi. Dari 14 kecamatan, delapan wilayah zona merah dan enam zona orange. Dari ratusan pasien positif, puluhan pasien meninggal dunia.

Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Arief Dwi Sulistya menyampaikan zona merah Rembang karena siklus per 14 hari. Berdasarkan tingkat naiknya pasien, angka kematian dan pelayanan kesehatan serta beberapa indikator lainnya.

”Per 6 Desember Rembang masuk zona merah kembali. Ini termasuk tujuh zona merah di Jateng, termasuk Pati yang sudah sebelumnya,” katanya, Jawa Pos Radar Kudus, kemarin (11/12), dikutip Jawa Pos Radar Kudus.

Tingkat kenaikan pasien suspect ataupun positif Covid-19 di Kabupaten Rembang mengalami penambahan cukup lumayan. Dari angka 80, hari Jumat (11/12) menjadi diangka 109 pasien. Jadi ada sekitar 20 lebih peningkatanya.

Angka kematiannya tidak ditampik termasuk tinggi. Penanganannya terlambat. Sebelumnya pasien yang meninggal sudah sakit lumayan lama di rumah. Karena ketakutan diri untuk swab dan sebagainya baik pihak pasien maupun keluarga.

Sehingga saat ditangani sudah ada yang sakit 5 hari bahkan lebih. Baru dibawa menuju tempat pelayanan kesehatan. Itu menjadi salah satu penyebab. Kemudian Komorbid (penyakit penyerta) lambat tertangani.

”Semua kecamatan tidak ada zona hijau. Yang dulu ada dua zona hijau, semua sudah merah dan orange. Untuk orange tersebar di Sluke, Pancur, Sedan, Sarang, Sale dan Gunem,” jelasnya.

Terkait meningkatnya kasus per Jumat (11/12) digelar rapat evaluasi. Melibatkan Dinkes Rembang, RS, OPD terkait dan Satgas covid-19 kabupaten. Merapatkan untuk mengambil langkah paling efektif, untuk bersama-sama memerangi covid-19.

Komentar

VIDEO TERKINI