Pasar Gede Sisi Timur Tutup: Pedagang Bisa Manfaatkan Jual-Beli Online

Desember 2, 2020
Belum ada gambar

SOLO, RAKYATJATENG – Pedagang Pasar Gede sisi timur diminta memanfaatkan transaksi dengan sistem online agar tetap mendapat pemasukan. Itu menyusul penutupan Pasar Gede sejak Selasa (1/12) hingga Senin (7/12) karena ditemukan sejumlah pedagang yang terkonfirmasi Covid-19.

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Gede Jumadi tak membantah penutupan pasar menjadi tantangan berat pedagang. Namun, keputusan berat itu harus dilakukan untuk memutus penyebaran Covid-19.

Bagi pedagang oprokan di sisi timur diberi kesempatan berjualan sementara di sisi barat Pasar Gede. “Bagi pedagang oprokan, kapasitas saya hanya memberi motivasi agar tidak terlalu dikucilkan. Sepertinya juga sudah koordinasi dengan pengelola pasar agar diizinkan (berdagang di sisi barat),” kata Jumadi.

Saat ini, sebanyak 1.467 pedagang di bagian timur Pasar Gede rehat. Aktivitas perdagangan yang terlihat hanya di sisi barat.

“Total pedagang Pasar Gede 1.767 orang. Mayoritas di bagian timur. Di sisi barat masih normal. Agar aktivitas perdagangan tetap berjalan, kami sarankan memanfaatkan layanan jual beli online yang sudah tersedia. Kalau untuk pedagang yang disarankan karantina mandiri di rumah, arahannya tetap menjalankan anjuran dari pemerintah untuk istirahat sejenak,” urainya.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Surakarta Heru Sunardi mendukung upaya pemanfaatan jual beli online yang sudah dikerjasamakan dengan pemkot, serta menggandeng pihak ketiga sejak Mei lalu.

“Sebelum kami (Pasar Gede) tutup, pedagang sudah diinfo agar tidak menambah pasokan. Barang-barang yang belum terjual bisa ditawarkan menggunakan aplikasi belanja online untuk menghabiskan stok dagangan lama. Fokusnya tetap istirahat di rumah selama dikarantina,” tuturnya.

Penutupan Pasar Gede selama sepekan dimaksimalkan untuk penyemprotan disinfektan secara berkala. Ditambahkan Heru, sebanyak 11 pedagang positif Covid-19 tidak bergejala. Mayoritas bukan warga Kota Solo. Dinas kesehatan memperluas tracing ke pedagang lain yang sempat kontak dengan pasien. (rs/ves/per/JPR/JPC)

Komentar

VIDEO TERKINI