Ingin Perubahan, Putra KH Maimoen Zubaer Mencalonkan Diri Ketua Umum PPP

  • Bagikan
Taj Yasin Maimoen mendeklarasikan diri untuk maju pada pencalonan Ketua Umum PPP. ()

SEMARANG, RAKYATJATENG – Taj Yasin Maimoen atau yang akrab disapa Gus Yasin memutuskan untuk maju pada pencalonan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Putra ulama karismatik almarhum Kiai Haji Maimoen Zubaer ini mengaku maju setelah menerima amanah dari sejumlah pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC).

Gus Yasin mengungkapkan sejumlah alasan sehingga dirinya maju, di antaranya karena banyaknya dukungan yang masuk, baik dari DPW, DPC, para kiai, ulama, ormas fusi PPP, kader, dan lainnya.

“Setelah saya mendengarkan masukan, saran dan dukungan dari DPW PPP dan DPC PPP dari Sabang sampai Merauke, juga dukungan dari para kiai, ulama, ormas fusi PPP, Asparagus (Aspirasi Para Gus), kader PPP, baik yang di struktural maupun kader simpatisan di seluruh Indonesia, maka dengan mengharap rida Allah subhanahu wa ta’ala seraya mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya menerima amanah untuk dicalonkan sebagai ketua umum dalam Muktamar IX PPP,” kata Gus Yasin.

Awal mula dirinya menerima pencalonan, saat salah satu ketua DPW mendatanginya pada Desember 2019 agar mencalonkan diri sebagai ketua umum.

“Selain itu, beberapa bulan lalu saya diminta oleh para kiyai dan ibu nyai untuk meneruskan Mas Romi, dan DPC-DPC yang saat Rapimcam memunculkan nama saya. Sehingga ini yang menguatkan saya harus menerima amanah dari teman-teman kader, khususnya para kiyai dan para habaib,” kata Gus Yasin, Selasa (1/12) malam.

Gus Yasin yang juga Wakil Gubernur Jawa Tengah ini mengaku sudah berkomunikasi dan mendapat dukungan pengurus DPW PPP dari Jateng, Jabar, Jatim, DKI Jakarta, Kalimantan, Sulawesi, NTB, dan Sumatera.

“Niat kita satu yaitu ingin mengembalikan PPP ke khitah, ke fusi, kepada asasnya. Dan kedua, tentu ingin ada perubahan,” katanya.

Salah satu yang mendukung Taj Yasin maju adalah Ketua DPW PPP Kalimantan Tengah, Awaludin Noor.

“Beliau (Gus Yasin, red) masih muda, tentu kita berharap berkah dari para ulama, beliau juga bagian dari ulama, anak ulama, nasabnya jelas, prestasinya juga bagus, pernah menjadi anggota DPRD Jateng, menjabat Wagub Jateng sampai sekarang, tahu akar masalah PPP. Tentu ini harus kita konsultasikan kepada seluruh DPC dan DPW pemegang suara muktamar agar memilih beliau,” ujarnya.

Ia berharap PPP di bawah kepemimpinan Gus Yasin sebagai ketua umum, bisa kembali menjadi partai tiga besar di Indonesia. “Kita tentu berharap, di bawah kepemimpinan beliau, PPP bisa kembali menjadi tiga besar,” tambahnya. (Sen)

  • Bagikan