Hobi Off Road? Perhatikan Syarat Berikut Ini

Desember 2, 2020
Belum ada gambar

SEMARANG, RAKYATJATENG – Serunya berkendara off road dengan menaklukkan tantangan kontur tanah yang bervariasi membuat semakin banyaknya pecinta off road di Indonesia. Berbicara berkendara off road juga tidak lepas dengan penggunaan riding gear yang tepat, sehingga keselamatan pengendara tetap terjaga.

Menurut Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky, riding gear yang digunakan untuk kegiatan off road maupun di jalan raya tidak jauh berbeda. Namun terdapat beberapa elemen riding gear yang memiliki bentuk dan spesifikasi yang berbeda.

“Perbedaan ini paling jelas dapat dilihat antara bentuk helm untuk berkendara off road dan on road yang berbeda, disesuaikan dengan kondisi jalan yang dilintasi. Selain itu, perbedaan bentuk tersebut juga disesuaikan kondisi fisik yang berbeda saat berkendara saat di jalan off road dan on road,” ujar Lucky, dalam keterangan persnya, Rabu (2/12/2020).

Berikut beberapa hal yang harus digunakan saat berkendara off road:

  1. Helm

Perlengkapan berkendara yang satu ini sangat penting untuk berkendara on road maupun off road untuk menghindari benturan secara langsung kepada pengguna sepeda motor.

Namun terdapat perbedaan bentuk pada helm untuk berkendara off road, yakni bagian pelindung rahang pada helm off road lebih panjang dengan tujuan memberikan sirkulasi udara yang lebih baik saat berkendara serta meminimalisir efek benturan pada bagian gigi dan rahang saat terjadi benturan.

“Selain itu, biasanya pada helm untuk off road tidak memiliki visor. Pet pada helm off road juga lebih panjang bertujuan melindungi mata dari cipratan tanah dan benda asing yang diakibatkan pengendara di depannya,” tambah Lucky.

  1. Goggle

Perlengkapan riding ini umumnya digunakan saat berkendara off road untuk menjaga bagian mata dari benda asing dan mencegah terjadinya pengembunan pada kaca helm akibat proses pernapasan saat berkendara.

Komentar

VIDEO TERKINI