Mulai Diaspal, Flyover Purwosari Bisa Dilintasi saat Natal-Tahun Baru

Desember 1, 2020
Belum ada gambar

SOLO, RAKYATJATENG – Pekerjaan proyek Flyover Purwosari sudah mencapai 93,57 persen, dengan target selesai Desember ini. Bila tidak ada halangan, infrastruktur jalan ini siap difungsionalkan pada akhir bulan ini.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1,6 Satker Pelaksana Jalan Nasional Wilayah 1 Jawa Tengah Alik Mustakim mengatakan, kontrak kerja yang digunakan masih sama meski proyek Flyover Purwosari sempat terkena refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19. Dari 50 pekan masa kerja yang ditentukan di awal, sampai pekan ke-47 ini progres penyelesaian telah mencapai 93,57 persen.

“Pekerjaan utama seperti pembuatan struktur, gelagar, lantai jembatan panjang 200 meter, oprit (jalan pendekat) sepanjang 500 meter pada sisi timur dan barat (timur 222 meter dan barat 228 meter) sudah selesai dikerjakan. Artinya struktur utama jembatannya sudah siap. Saat ini dalam tahap penyelesaian untuk jalur lambatnya,” ujar Alik saat ditemui di lokasi proyek bersama rombongan dari Komisi II DPRD Surakarta, kemarin.

Saat ini pelaksana proyek masih memiliki sejumlah pekerjaan yang harus diselesaikan, seperti pengaspalan bentang jembatan, railing jembatan, pemasangan lampu, dan markah sementara. Sesuai kontrak awal, pihaknya masih memiliki tiga pekan untuk penyempurnaan sebelum memasuki masa libur Natal dan Tahun Baru 2021 (Nataru).

Pelaksana proyek optimistis Flyover Purwosari akan siap difungsionalkan pada pekan keempat Desember atau setelah 20 Desember. Sebelumnya Direktorat Bina Teknik telah mengaudit keselamatan dan keamanan jalan serta jembatan flyover. “Karena sebentar lagi rekomendasi turun, kami juga berkoordinasi dengan penyelenggara jalan di Solo (dishub, dinas PUPR, dan satlantas),” ujarnya.

Secara konstruksi, jalan ini siap difungsionalkan pada Natal dan tahun baru. Meski ada pekerjaan minor, masih bisa dikerjakan sambil diuji coba. Khususnya dari segi manajemen dan rekayasa lalu lintas di sekitar jembatannya. Setelah tahun baru bisa ditutup kembali untuk pembenahan dan evaluasi.

Komentar

VIDEO TERKINI