Jateng Siapkan Tempat Isolasi Terpusat, Upaya Memutus Klaster Keluarga

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Pemprov Jateng tengah bersiap membuat tempat isolasi terpusat di beberapa daerah di Jawa Tengah. Hal ini menyusul tingginya klaster keluarga akibat kurang disiplin saat melakukan isolasi mandiri.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, sebenarnya di Jawa Tengah sudah jauh-jauh hari menggunakan isolasi terpusat. Hal itu diawali dari Kota Semarang. Pemprov Jateng juga memanfaatkan Hotel Kesambi untuk isolasi mandiri.

“Sebenarnya sudah banyak jalan. Kota Semarang kan sudah dari dulu (memakai) rumah Pak Wali, kami juga bantu dengan Hotel Kesambi. Kami lebih dulu sebenarnya,” ucap Ganjar usai mengikuti rakor penanganan Covid-19 di Jawa Tengah melalui vicon, Selasa (1/12).

Bahkan, saat ini di beberapa kota/kabupaten yang saat ini mengalami kenaikan kasus Covid-19 juga sudah mulai membuat atau mencari tempat untuk isolasi mandiri terpusat.

“Contohnya di Banyumas. Banyumas itu sudah bisa juga, dia buat sekarang di Baturaden. Cuma kemarin Kota Pekalongan, Pak walinya bilang, hotelnya nggak mau,” papar Ganjar.

Oleh karena itu, pemprov melalui dinas kesehatan juga mulai memetakan daerah dengan angka kasus Covid-19 yang tinggi. Sehingga pasien Covid-19 yang harus isolasi mandiri bisa menerima pelayanan yang nyaman dan disiplin.

“Maka sekarang kita mencari agar isolasinya betul-betul nyaman. Kita mau tindak lanjuti apa yang disampaikan oleh Pak Luhut agar setiap kabupaten/kota itu menyiapkan. Sehingga kalau mereka diisiolasi itu nyaman dan terukur,” papar gubernur.

Seperti diketahui, Menko Maritim dan Investasi (Marvest) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa Jawa Tengah saat ini masih mengalami kenaikan kasus Covid-19. Terbanyak adalah dari klaster keluarga.

Oleh karena itu, menteri menggagas untuk menambah tempat isolasi terpusat. Hal ini guna penanganan dan pengawasan yang lebih ketat dan tepat terhadap pasien Covid-19. (rs/bay/per/JPR/JPC)

  • Bagikan