Dirjen Perhubungan Darat Ajak Investor Berinvestasi di 6 Terminal Ini

Desember 1, 2020
Belum ada gambar

SEMARANG, RAKYATJATENG – Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI menggelar Investor Gathering dengan mengusung motto “New Terminal Experience” di Terminal Mangkang Semarang, Selasa (1/12/2020).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub RI Budi Setiyadi mengatakan bahwa kondisi pelayanan jasa transportasi khususnya pelayanan terminal angkutan jalan di berbagai daerah sampai saat ini masih belum optimal.

Untuk itu, melalui amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Pemerintah Pusat akan bersinergi dengan daerah untuk terus memperbaiki dan membenahi pelayanan terminal. “Sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan kepada pengguna transportasi,” kata Budi Setiyadi.

Menurutnya, sebagai salah satu perwujudan percepatan pembangunan insfrastruktur di bidang transportasi darat, Kementerian Perhubungan sedang melakukan program revitalisasi Terminal Penumpang Tipe A untuk tahun anggaran 2020 berjumlah 34 terminal yang dibiayai dengan APBN murni dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Dikatakannya, hal ini untuk mendorong partisipasi sektor swasta dan UMKM untuk kerjasama dalam penyediaaan dan penyelenggaraan infrastruktur transportasi yang dapat memberikan manfaat sosial dan ekonomi bagi masyarakat.

Konsep New Terminal New Experience melalui optimalisasi layanan terminal dengan pola kepengusahaan mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Hal ini sudah sejalan dengan arahan Presiden untuk memberikan perhatian khusus hal-hal yang berkaitan dengan pembukaan lapangan kerja dan mendorong usaha mikro, kecil, menengah dan besar untuk mulai bergerak.

Selain itu, sebagai penggerak ekonomi dilakukan transformasi di terminal yang meliputi pola pembangunan berupa TOD/Mixuse, tata kelola yang modern, membangun sistem operasi berbasis digitalisasi, membangun SDM yang profesional, menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih, budaya mutu dan hospitality pelayanan publik yang harus dilakukan inovasi-inovasi baru secara berkelanjutan.

Komentar

VIDEO TERKINI