Liburan Panjang Akhir Pekan, Klaten Tambah 44 Kasus Baru Corona

Oktober 31, 2020

KLATEN, RAKYATJATENG – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten Jawa Tengah mengumumkan penambahan 44 kasus positif virus corona (Covid-19). Satu orang di antaranya meninggal dunia pada Jumat (30/10) sore.

Kasus baru itu tersebar di sejumlah kecamatan, seperti Ngawen, Karanganom, Karangnongko, Kebonarum, Wonosari, Juwiring, Trucuk, Polanharjo, Pedan, Kalikotes, dan Klaten Tengah.

Mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 juga berasal dari para tenaga medis dari Puskesmas Kemalang dan Trucuk II. Temuan itu merupakan hasil skrining, yang merupakan program Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten ke seluruh puskesmas di Klaten secara bertahap.

Berdasarkan data yang diumumkan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten, pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 memiliki usia beragam. Ada beberapa yang masih remaja, bahkan anak-anak.

Pasien dengan usia paling kecil adalah MA, 5, laki-laki. Yang bersangkutan berasal dari Kecamatan Polanharjo. Lalu, ada dua pasien dengan usia lanjut, 70 tahun. Yakni SS dari Kecamatan Karangnongko dan TH dari Kecamatan Juwiring. Sementara satu pasien Covid-19 yang meninggal dunia adalah SM, 51, asal Kecamatan Karangnongko.

“Dari penambahan kasus terkonfirmasi positif baru itu, terdapat tujuh kasus yang dimungkinkan terpapar saat melakukan aktivitas sehari-hari dan bekerja di Klaten. Sedangkan enam kasus lainnya dimungkinkan terpapar saat berada di luar daerah. Sementara 31 kasus lain merupakan kontak era kasus terkonfirmasi Covid-19 sebelumnya,” jelas Koordinator Bidang Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten Cahyono Widodo.

Untuk penambahan kasus positif baru itu seluruhnya telah dilakukan isolasi mandiri di bawah pengawasan tim medis. Sementara terkait adanya empat nakes dari dua puskesmas yang terkonfirmasi positif Covid-19, juga telah dilakukan langkah-langkah.

Komentar