Avrist Assurance Kenalkan Produk DPLK ke Generasi Milenial Lewat Digital Marketing

Oktober 28, 2020

SEMARANG, RAKYATJATENG – Kata-kata ‘pensiun’ identik dengan usia lanjut non-produktif. Bahkan, dana pensiun pun cenderung menjadi bahan diskusi yang kurang diminasi oleh para millennials dan gen-Z.

Sesuai data OJK yang diteribkan pada 2018, jumlah total peserta dana pensiun turun 4,03%, tetapi jumlah peserta aktif DPLK tumbuh 5,14%. Walaupun bertumbuh, tetapi dari 77 juta tenaga kerja aktif, hanya 6% yang menjadi peserta dana pensiun.

Rendahnya penetrasi produk persiapan dana pensiun karena kurangnya edukasi literasi keuangan dengan topik pembahasan dana pensiun atau DPLK. Terlebih lagi bagi generasi millennials yang saat ini menduduki posisi strategis atau decision-making position, yang kerap kali mengedepankan kebutuhan gaya hidup ketimbang mempersiapkan finansial sehat di hari tua.

Nah, Avrist Assurance sebagai perusahaan asuransi dengan pengalaman lebih dari 40 tahun di Indonesia, melihat adanya peluang besar untuk memanfaatkan kanal digital dalam memberikan edukasi produk dana pensiun.

Dengan merambah kanal digital, edukasi mengenai persiapan dana pensiun dapat menjangkau generasi millennials dan gen-Z, sehingga persiapan dana pensiun dapat dilakukan sejak memasuki usia produktif.

Firmansyah, ASAI, VP, Head of Pension Department, PT Avrist Assurance, mengatakan Avrist Assurance menerapkan berbagai strategi untuk memasarkan produk DPLK. Salah satunya dengan akselerasi pemanfaatan kanal digital.

“Dengan pesatnya perkembangan era digital, kami melihat ada peluang di kanal digital yang berpotensi untuk mengedukasi dan memasarkan produk secara efektif dan berkelanjutan,” kata Firmansyah, ASAI, VP, Head of Pension Department, PT Avrist Assurance.

Firman memaparkan bahwa perusahaan menerapkan digital marketing dalam mengenalkan produk DPLK kepada Millennials dan Gen-Z.

Pertama, sosialisasi produk DPLK melalui lokakarya (workshop) secara virtual. Avrist Assurance berkolaborasi dengan berbagai komunitas dalam mengedukasi keuntungan dan kelebihan dari produk DPLK.

Komentar