Target 5 Besar Porprov 2022, Jepara Gelar Puslat Atlet

  • Bagikan

JEPARA, RAKYATJATENG – Untuk mempersiapkan para atlet dalam meraih perstasi di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah 2022 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara meluncurkan pemusatan latihan (Puslat) Kabupaten Jepara Tahap I, di Halaman Kantor Setda Kabupaten Jepara, Minggu (25/10/2020).

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Jepara Syamsul Anwar mengatakan, Puslat I ini diikuti oleh 77 orang atlet, dan 25 orang pelatih dari 15 cabang olahraga. Yakni, sepaktakraw, woodball, dansa, karate, petanque, panjat tebing, aeromodeling, karate, balap sepeda, menembak, tinju, taekwondo, wushu, binaraga dan selam.

“Atlet yang menjalani pemusatan latihan, dipilih atlet yang sebelumnya sudah memperoleh medali di berbagai ajang, seperti Asian Games, Sea Games, PON maupun kejuaraan lain tingkat nasional dan provinsi. Puslat I ini akan dimulai Oktober ini hingga babak kualifikasi Porprov,” kata Syamsul.

Syamsul yakin, jika target lima besar di Proprov mendatang sangat terbuka untuk bisa diraih.

“Untuk masuk lima besar minimal kita harus memperoleh 50 medali emas. 77 (orang) atlet yang masuk puslat ini harapannya bisa mememuhi target tersebut,” tandasnya.

Bupati Jepara Dian Kristiandi berharap, program ini dapat secara nyata mendongkrak dan meningkatkan prestasi atlet Jepara yang pada akhirnya dapat memenuhi target masuk lima besar dalam Porprov mendatang.

“Pembinaan prestasi atlet merupakan tanggung jawab kita bersama. Konsep pembinaan atlet beprestasi harus dilakukan secara terus menerus, berjenjang dan berkelanjutan. Untuk mencapai hal tersebut, pembinaan tidak dapat dilakukan secara sendiri-sendiri, namun dilakukan secara sistematis, terpadu, terarah dan terprogram,” kata Andi, sapaan akrabnya.

Disampaikan, jika prestasi olahraga bisa terwujud jika di dukung berbagai faktor. Seperti halnya, atlet yang potensial, pelatih yang profesional, sarana dan prasarana yang memadai.

Bupati menambahkan, jika Pemkab Jepara memiliki komitmen yang sama dengan KONI untuk meningkatkan prestasi olahraga di Kabupaten Jepara. Untuk itu, diperlukan sinergitas semua elemen olahraga di Kabupaten Jepara. Dengan demikian, olahraga prestasi Jepara bisa semakin dikenal.

“Besar harapan saya melalui Puslat ini para atlet dapat melakukan serangkaian pelatihan yang terprogram. Ingat, prestasi olahraga Jepara tergantung di pundak saudara-saudara semua. Saya berharap target lima besar dapat tercapai,” kata Andi. (*/yon)

  • Bagikan