3 Pelajar Jateng Lolos Seleksi Vocational Video Challenge 2020 AHM Tingkat Nasional

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Pandemi yang membuat proses belajar dilakukan secara jarak jauh tidak menghentikan PT Astra Honda Motor (AHM) untuk tetap berkreasi dalam memberikan dukungan kepada dunia vokasi, termasuk dengan menggali kreativitas pelajar SMK.

Melalui kompetisi bertajuk Vocational Video Challenge 2020, AHM mengajak seluruh pelajar di 682 SMK mitra binaan untuk berkreasi membuat konten video terkait materi yang dipelajari di kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

Seleksi Vocational Video Challenge 2020 ini dilaksanakan secara berjenjang dimulai dari seleksi di masing-masing wilayah seluruh Indonesia bekerjasama dengan seluruh jaringan main dealer Honda.

GM Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin mengatakan, pandemi Covid-19 tidak menghentikan AHM untuk terus berkreasi dalam mendampingi siswa SMK memanfaatkan waktu produktif yang mereka miliki selama pembelajaran jarak jauh.

Dalam pembelajaran jarak jauh banyak sekali media pembelajaran yang memanfaatkan video untuk mempelajari materi.

“Kami terinspirasi untuk menantang kreativitas siswa SMK untuk dapat mengemas materi belajar dengan cara yang menarik dan menyenangkan tanpa menghilangkan unsur edukatif. Kami yakin dengan kompetisi ini akan muncul banyak ide-ide kreatif dari pelajar SMK untuk tetap produktif di kala pandemi,” katanya, Jumat (23/10/2020).

Tercatat ada 1.203 video yang didaftarkan ke dalam seleksi regional yang diselenggarakan pada 1-20 Oktober 2020.

Konten video belajar berdurasi sekitar 15 menit tersebut terbagi menjadi 3 tema materi, yaitu penyetelan jarak renggang valve in/out untuk motor Honda jenis skutik, penggantian brake shoe untuk Honda Revo 110, dan teknologi PGM-FI (reset ECM, TP, dan setting altitude).

Saat ini, telah terpilih 81 video pemenang regional yang diunggah ke YouTube dengan tagar #VocationalVideoChallenge sebagai syarat peserta untuk dapat mengikuti seleksi nasional.

Di antara 81 video yang mengikuti seleksi nasional tersebut, 3 video di antaranya berasal dari Jateng yaitu:

  1. Azhar Rahmadiva (SMK Tunas Bangsa Tawangsari) dengan tema Video Penyetelan Jarak Renggang Klep untuk Motor Honda Matic Series.
  2. Muhammad Fatikhatur Rizki (SMKN 1 Bangsri) dengan tema Video Penggantian Brake Shoe untuk Motor Revo 110 PGM-FI.
  3. Caca Patrio (SMK N 1 Bulakamba) dengan tema Video Teknologi PGM-FI : Reset ECM, TP & Setting AltitudeFI.

Pada tahap seleksi nasional, video peserta pemenang seleksi regional akan dinilai oleh tim juri untuk menentukan 3 video terbaik di masing-masing tema yang akan diumumkan pada 25 November 2020.

Juara pertama kompetisi ini berhak mendapat hadiah sebesar Rp 3.000.000, juara kedua sebesar Rp 2.000.000, dan untuk juara ketiga sebesar Rp 1.000.000.

Sementara itu, juara favorit berdasarkan jumlah like terbanyak pada video kompetisi yang telah diunggah peserta ke akun YouTube berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp 2.000.000.

Video belajar para pemenang Vocational Video Challenge 2020 ini juga akan diunggah pada akun resmi YouTube Sahabat1Hati agar dapat terus digunakan dan bermanfaat bagi pelajar SMK lainnya.

Untuk diketahui, Kompetisi Vocational Video Challenge ini merupakan bagian dari program Satu Hati Education Program AHM. AHM telah mengembangkan program pendidikan vokasi sejak tahun 2010 dengan implementasi kurikulum TBSM Astra Honda.

Siswa dari SMK mitra binaan AHM juga mendapatkan materi pembelajaran dalam bentuk teori, praktik, dan praktik kerja industri (Prakerin) langsung di jaringan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Pada 2018, AHM telah memiliki SMK mitra binaan Astra Honda yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Selain itu, terdapat 60 Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk melakukan sertifikasi kompetensi yang dimilikinya. (Ars)

  • Bagikan