PMI Solo Sediakan Plasma Konvalesen, Bantu Sembuhkan Pasien Covid

Oktober 21, 2020

SOLO, RAKYATJATENG – Palang Merah Indonesia (PMI) Surakarta menyediakan plasma konvalesen bagi pasien Covid-19. Selama dibuka pelayanan tersebut, sudah ada sembilan pasien positif Covid-19 Solo yang sembuh setelah diberikan donor plasma konvalesen.

Kepala Unit Donor Darah PMI Surakarta Kunti Dewi Saraswati mengungkapkan, sejauh ini pihaknya sudah melakukan donor plasma konvalesen untuk membantu proses penyembuhan pasien Covid-19 di Solo. Kesembilan pasien itu dirawat di sejumlah rumah sakit berbeda. Tujuh pasien di RSUD dr Moewardi Solo dan RS Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta serta dua pasien di RSUP dr Suraji Tirtonegoro Klaten.

“Donor plasma konvalesen adalah pengambilan darah dari pasien Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh. Hal tersebut diyakini sebagai antibodi yang dapat digunakan untuk terapi pasien Covid-19 yang masih menjalani perawatan,” jelas dia.

Pelayanan donor darah berbeda dengan donor plasma konvalesen. Jika donor darah biasa diambil satu kantong darah lengkap sebanyak 350/450 mililiter (ml), sedangkan plasmapheresis (plasma konvalesen) hanya diambil salah satu komponennya atau plasmanya saja. Warga yang hendak mendonorkan plasma konvalesennya hanya diambil 500 ml saja.

“Plasma konvalesen ini sifatnya hanya saat dibutuhkan baru bisa disediakan barangnya,” terang Kunti.

Saat ini, pihaknya juga sedang dalam diskusi dengan Badan Peneliti dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk penyediaan plasma konvalesen. Selanjutnya, warga yang pernah menjadi pasien Covid-19 dan telah dinyatakan sembuh bisa donor darah plasma konvalesen di PMI Solo.

“Kami siap selama 24 jam jika ada permintaan dari rumah sakit atau Balitbangkes untuk menyediakan plasma konvalesen,” kata dia.

Meski demikian, tak semua orang bisa melakukan donor plasma konvalesen. Ada syarat yang harus dipenuhi agar layak untuk pendonor. Utamanya adalah pasien Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh dengan bukti dari dinas atau lembaga terkait. Selain itu, pasien Covid-19 yang sembuh tidak punya gejala penyakit lainnya selama 14 hari sebelum donor plasma konvalesen.

Komentar