Truk Sapol PP Sukoharjo Dibakar Demonstran, Bupati: Usut Pelakunya!

Oktober 10, 2020
Belum ada gambar

SUKOHARJO, RAKYATJATENG – Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya meminta polisi mengusut pelaku perusakan dan pembakaran truk Satpol PP Sukoharjo dalam aksi tolak UU Cipta Kerja di Kartasura, Kamis (8/10) petang. Setidaknya tiga orang diamankan dalam aksi unjuk rasa tersebut.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya menyayangkan demonstrasi yang berakhir dengan anarki itu. Padahal, kata Wardoyo, ada cara sesuai dengan peraturan perundang-undangan jika ada masyarakat yang tidak sepakat dengan undang-undang itu. “Mestinya demo, ya demo, tapi jangan anarki seperti itu,” kata Wardoyo, Jumat (9/10).

Wardoyo meminta kepada polisi untuk mengusut tuntas aksi perusakan terhadap truk satpol PP yang merupakan aset pemerintah daerah. Tujuaannya agar ada efek jera bagi para pelaku. Sehingga kejadian serupa tidak terulang lagi. “Kapolres harus mengusut tuntas pelakunya itu. Ada rekaman videonya kok,” kata Wardoyo.

Wardoyo mengaku hingga Jumat (9/10) siang, belum mendapatkan laporan secara rinci kerusakan apa saja yang disebabkan aksi itu. Namun, Wardoyo memastikan bahwa satu unit truk aset Pemkab Sukoharjo rusak. “Saya baru terima laporan satu truk itu saja. Yang lain belum,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Satpol PP Kabupaten Sukoharjo Heru Indarjo mengatakan, saat pengamanan demo, pihaknya menerjunkan satu peleton pasukan satpol PP. Tidak ada anggota satpol PP yang mengalami luka atau cedera. “Satu truk dibakar di bagian depan. Rusak tidak bisa jalan,” kata Heru.

Menurut Heru, truk tersebut aset Pemkab Sukoharjo pengadaan 2012. Saat ini truk berada di Mapolres Sukoharjo untuk penyelidikan lebih lanjut oleh kepolisian.

Sementara itu, Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas belum bisa dikonfirmasi terkait tindak lanjut aksi anarki itu. Dihubungi melalui sambungan telepon dan melalui aplikasi pesan, belum memberikan respons. (rs/kwl/per/JPR/JPC)

Komentar

VIDEO TERKINI