Keripik Singkong Asal Magelang Tembus Pasar Eropa

Oktober 7, 2020
Belum ada gambar

SEMARANG, RAKYATJATENG – Sebuah produk makanan ringan keripik singkong, produksi salah satu perusahaan asal Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, berhasil merambah pasar Eropa.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pun memuji usaha kripik singkong ini. Mengingat, di tengah masa pandemi, tetap bisa berjualan hingga ke negara-negara Eropa.

Produk keripik singkong itu diproduksi oleh salah satu perusahaan penerima penghargaan produktivitas Siddhakarya tahun 2020 Jateng, yaitu, PT Mirasa Food Industry asal Kabupaten Magelang. Perusahaan ini meraih penghargaan Siddhakarya kategori Usaha Menengah.

Mei Nur Rahmawati selaku Manajer Operasional PT Mirasa Food Industry Magelang mengatakan, saat pandemi seperti ini, pihaknya terus bertahan dengan upaya kreatif, inovatif, serta target pemasaran yang jelas.

“Kalau ekspornya naik sampai 30 persen dari tahun kemarin. Ada kalanya kita minta tambahan satu kontainer ya, nanti kita kasih diskon sekian. Sistem-sistem seperti itu kita terapkan,” kata Mei ditemui usai acara Penerimaan Penghargaan Siddhakarya di Hotel Pesona Kota Semarang, Selasa (6/10/2020).

“Keripik (ekspor) ke Jerman, Inggris, Belanda. Yang Belanda ada yang dikirim ke Belgia tapi lewat Belanda. Ada yang ke Hongkong, ke Uni Emirat Arab, seperti Yaman, Oman, Abu Dhabi,” tambahnya.

Melalui makanan ringan itu, pihaknya memang terus berinovasi dan berkreasi. Sehingga bukan sekadar bisa bertahan, tapi tetap mencari terobosan agar perusahaan menjadi lebih baik dalam produksi sampai ke pemasaran.

“Di masa pandemi ini memang apa yang disampaikan Pak Ganjar kita terapkan di perusahaan kita. Enggak cuma harus bertahan ya. Kita memang harus berinovasi, kita harus terus berkreasi. Mungkin tadi dengan pemotongan harga, kemasan juga sudah kita terapkan di masa pandemi,” tuturnya lebih lanjut.

Komentar

VIDEO TERKINI