KPU Buka Pendaftaran KPPS, Terbuka untuk Penyandang Disabilitas

Oktober 3, 2020
Belum ada gambar

Nuril menambahkan, penyandang disabilitas dapat menjadi anggota KPPS sepanjang memenuhi persyaratan dan mampu melaksanakan tugas sebagai anggota KPPS. KPU pasti memperhatikan penyandang disabilitas. Pihaknya bakal melibatkan penyandang disabilitas dalam pelaksanaan pilkada mendatang.

Terpisah, Edi Supriyanto, aktivis pendamping disabilitas Sukoharjo mengharapkan Pilkada 2020 ini bisa aksesibel. Semua bisa terlibat dan mendapatkan informasi yang sama terkait pelaksanaannya. Menurut Edi, pada pemilu serentak yang lalu partisipasi penyandang disabilitas baru 40 persen. Karena ada beberapa kendala di lapangan pada pelaksanaan pemilu serentak lalu.

“Kendalanya ada di aksesibilitas TPS. Banyak TPS yang tidak aksesibel kerena dibuat di dalam rumah. Kemudian pendamping juga menjadi kendala. Harapannya ada perbaikan juga di TPS supaya lebih ramah difabel,” katanya.

Setidaknya 3.500 lebih penyandang disabilitas mempunyai hak pilih dari 5.000 lebih penyandang disabilitas yang tersebar di 12 kecamatan di Sukoharjo. (rs/kwl/per/JPR/JPC)

Komentar

VIDEO TERKINI