Ini Pernyataan Lengkap Valentino Rossi Usai Gabung Petronas Yamaha SRT

September 26, 2020

RAKYATJATENG – Sembilan kali juara dunia, Valentino Rossi, akhirnya resmi diumumkan bergabung dengan Petronas Yamaha SRT di MotoGP 2021 mendatang. Demikian yang dilansir dari rilis resmi tim asal Malaysia tersebut dan Yamaha Motor Racing pada Sabtu (26/9/2020).

Sejak akhir Januari, posisi Rossi di Monster Energy Yamaha memang telah dinyatakan bakal diambil alih oleh Fabio Quartararo. Meski telah berusia 41 tahun, rider Italia ini pun mengaku belum mau pensiun dan masih ingin balapan setidaknya satu musim lagi.

Mengingat ia merupakan ikon Yamaha dan tak ingin hengkang ke pabrikan lain, Rossi pun sejak awal memburu tempat di SRT. Namun, negosiasi sempat berjalan alot dan butuh waktu lama karena begitu banyak detail yang harus disepakati oleh Rossi, Yamaha, dan SRT.

Meski akan membela SRT, kontrak Rossi dipastikan tetap terikat langsung dengan Yamaha, yang berarti ia mendapatkan gaji langsung dari pabrikan Garpu Tala, dan mendapatkan dukungan teknis yang kurang lebih setara dengan Quartararo dan Maverick Vinales di tim pabrikan.

Rossi juga dipastikan bakal bertandem dengan anak didiknya dari VR46 Riders Academy, Franco Morbidelli, yang sudah lebih dulu dipastikan bertahan di SRT pada pertengahan Juli lalu. Kontrak Rossi hanya berdurasi satu tahun, namun belum dipastikan apakah ini berarti ia akan pensiun pada 2022.

Rossi juga dipastikan hanya akan membawa David Munoz (crew chief), Matteo Flagmini (teknisi data), dan Idalio Gavira (pelatih balap). Dua mekanik yang setia, Alex Briggs dan Brent Stephens, dipastikan takkan ikut pindah. Namun, belum diketahui bagaimana masa depan dua mekanik lainnya, Bernard Ansiau dan Mark Elder.

Komentar