Buntut Konser Dangdut, Puluhan Warga Kota Tegal Diswab Massal

  • Bagikan
Tes Swab yang digelar di Puskesmas usai konser dangdut yang digelar Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Wasmad Edi Susilo (Foto: Imam Suripto/detikcom)

TEGAL, RAKYATJATENG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal menggelar tes swab massal usai konser dangdut yang digelar Wakil Ketua DPRD Kota Tegal, Wasmad Edi Susilo. Target tes swab ini mulai dari warga sekitar, hingga penyelenggara konser dangdut.

“Saya harus memastikan sesuai arahan Gubernur Jawa Tengah, tes swab bukan hanya untuk keluarga penyelenggara saja, tetapi harus warga sekitar yang notabene kemarin hadir dalam acara dangdutan di hajatan Wasmad Edi Susilo,” kata Wakil Wali Kota Tegal, M Jumadi di sela kegiatan tes swab massal di Puskesmas Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Sabtu (26/9/2020).

Jumadi mengatakan hari ini ada 42 orang yang mengikuti swab massal. Mereka terdiri dari panitia, petugas keamanan dan tetangga sekitar. Rencananya swab juga bakal dilanjutkan Minggu (27/9) besok.

“Dari hasil ini kita melakukan tracing terhadap siapa saja yang kemarin hadir di acara hajatan Wasmad,” sambung Jumadi, dikutip dari Detikcom.

Dia berharap tak ada klaster baru dari konser dangdut ini. Tes swab massal ini dilakukan untuk antisipasi penyebaran COVID-19.

“Saat ini target untuk tes swab untuk 100 orang yang ada di lingkungan hajatan, dan warga sekitar yang memungkinkan hadir saat resepsi atau menonton dangdutan,” ungkap Jumadi.

Di lokasi yang sama, Kepala Puskesmas Kelurahan Bandung, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, dr Destina Diah Astuti menyampaikan hari ini ada 42 orang peserta konser dangdut yang dites swab. Sesuai rencana pihak Puskesmas akan memeriksa 100 orang sesuai instruksi Pemkot.

“Pemeriksaan yang dilakukan terhadap lingkungan hajatan ada dua pemeriksaan, yakni pemeriksaan rapid antigen dan pemeriksaan PCT dengan cara pengambilan swab,” tutur dr Destina.

Sampel swab selanjutnya dikirim ke Labkesda Jateng. Sedangkan hasil swab bisa diketahui 5-7 hari mendatang tergantung kesiapan labkesda provinsi. (dtc)

  • Bagikan