Webinar Nasional Unisbank, Sandiaga Uno: Digitalisasi Ekonomi Solusi Saat Pandemi

September 21, 2020

SEMARANG, RAKYATJATENG – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Perguruan Tinggi (PT) Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang kembali menggelar Webinar Nasional dengan tema Creative Business in Digital Marketing, Sabtu (19/9/2020) kemarin.

Acara digelar dengan menghadirkan narasumber kompeten, di antaranya tokoh pengusaha nasional Sandiaga Uno, Human Kapital PT Humpuss Intermoda Transportasi Diego L Setiawan, Founder Galevat Internasional Muhammad Syafii, dan anggota DPR RI Komisi IX Kamarusamad.

Webinar yang dipandu Dosen Fakutas Teknologi Informasi Unisbank Semarang, Saifurrohan, itu diikuti 4.400 peserta dari seluruh Indonesia.

Para peserta berasal dari 54 universitas negeri dan 94 universitas swasta.

Sandiaga Uno mengatakan, UMKM menjadi prioritas pembangunan ekonomi bangsa karena UMKM adalah ekonomi berbasis akar rumput atau kerakyatan.

Tentu saja, UMKM juga terdampak adanya pandemi Covid-19 ini.

“Digitalisasi ekonomi menjadi salah satu solusi yang dapat dimanfaatkan dalam situasi pandemi Covid-19. Tentunya hal itu harus melihat kebutuhan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Saat ini, katanya, kebutuhan besar yang dibutuhkan masyarakat adalah produk produk kesehatan, mulai dari sarung tangan, obat-obatan hingga masker.

Berbagai kebutuhan tersebut menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan.

“Tentu saja caranya secara digital. Pengguna internet kita lebih dari jumlah populasi penduduk sebesar 270 juta. Sehingga peluangnya sangat besar,” jelasnya.

Melihat peluang dan kebutuhan masyarakat tersebut, Sandiaga Uno mengajak sekaligus menantang masyarakat dan mahasiswa untuk menjadi pengusaha.

Tak sekadar pengusaha biasa tapi pengusaha Capcuss.

“Capcuss itu Artinya satu jam cara cepat buka usaha tanpa modal. Yaitu kita bisa menjadi reseller atau drop shipper dengan membuka toko online. Buka rekening untuk payment online dan tak lupa branding utuk mengenalkan usaha. Grup alumni sekolah dapat kita manfaatkan. Semua itu tak butuh atau kurang dari satu jam,” ujarnya.

Komentar