Everton Curi Poin Penuh di Kandang Tottenham

  • Bagikan
Penyerang Everton Dominic Calvert-Lewin (kedua kanan) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawnag Tottenham Hotspur dalam laga pekan pembuka Liga Premier Inggris 2020/21 di Stadion Tottenham Hotspur, London, Inggris, Minggu (13/9/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Catherine Ivill)

RAKYATJATENG – Everton mengawali musim dengan mencuri kemenangan 1-0 di markas Tottenham Hotspur dalam laga pekan pembuka Liga Premier Inggris 2020/21 di Stadion Tottenham Hotspur, London, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Dominic Calvert-Lewin mencetak gol semata wayang yang menyokong kemenangan Everton tersebut, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Hasil itu tentunya melambungkan harapan para suporter Everton, yang setengah musim terakhir begitu mengelu-elukan kehadiran manajer reputasi kelas dunia Carlo Ancelotti.

Ancelotti kini mendapat dua senjata andalan di klub-klub terdahulunya, Allan dan James Rodriguez, yang didatangkan ke Everton dan melakoni debut bersama satu rekrutan baru lainnya, Abdoulaye Doucoure.

Sebaliknya, di kubu Tottenham kekalahan tersebut jadi hasil yang patut dilupakan bagi Matt Doherty dan Pierre Emile Hojbjerg yang menjalani debut di bawah arahan Jose Mourinho.

Everton menciptakan peluang bagus pada menit ke-17 ketika Richarlison meninggalkan Toby Alderweireld dan memperdaya kiper Hugo Lloris, tetapi tembakan akhirnya yang dilakukan dari sudut sempit melambung tak tentu arah.

Sebaliknya, Tottenham mengancam ketika Son Heung-min mengirim umpan silang yang sayang tak mampu dijangkau oleh Harry Kane.

Lantas pada menit ke-32 tembakan keras Bamidele Alli mampu ditepis ke atas mistar gawang oleh Jordan Pickford dan kiper tim nasional Inggris itu kembali melakukan penyelamatan atas tembakan voli jarak dekat Doherty demi memastikan babak pertama berakhir imbang nirgol.

Sepuluh menit memasuki babak kedua kebuntuan pecah dan Calvert-Lewin melompat lebih tinggi dari Eric Dier dan Alderweireld untuk menanduk umpan tendangan bebas Lucas Digne demi membawa Everton memimpin.

Richarlison memperoleh dua peluang beruntun untuk menggandakan keunggulan Everton, tetapi tembakannya selalu melenceng dari sasaran.

Tottenham sebetulnya memiliki peluang bagus untuk mencetak gol balasan setelah sepak pojok Son diteruskan dengan sundulan Alderweireld, tetapi Ben Davies yang menghadapi gawang dari jarak dekat malah melepaskan tembakan tak tentu arah.

Everton bakal berusaha melanjutkan tren positif mereka ketika menjamu tim promosi West Bromwich Albion di Goodison Park pada Sabtu (19/9), sedangkan Tottenham wajib bangkit untuk bisa meraih hasil bagus dalam lawatan ke Southampton.

Susunan pemain:

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Hugo Lloris; Matt Doherty (Tanguy Ndombele), Toby Alderweireld, Eric Dier, Ben Davies; Pierre Emile Hojbjerg, Harry Winks (Steven Bergwijn); Lucas Moura, Bamidele Alli (Moussa Sissoko), Son Heung-min; Harry Kane
Pelatih: Jose Mourinho

Everton (4-3-3): Jordan Pickford; Seamus Coleman, Yerry Mina, Michael Keane, Lucas Digne; Abdoulaye Doucoure, Allan, Andre Gomes (Gylfi Sigurdsson); James Rodriguez (Tom Davies), Dominic Calvert-Lewin (Moise Kean), Richarlison
Pelatih: Carlo Ancelotti

(Antara)

  • Bagikan