Pertamina Gandeng Alfamart dan Alfamidi untuk Kembangkan Bright Store

  • Bagikan

TEMANGGUNG, RAKYATJATENG – Pertamina menggandeng PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) dan Alfamidi mengembangkan bisnis Bright Store di SPBU di luar pulau Jawa.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara Pertamina dengan Alfamart Alfamidi, yang ditandatangani oleh Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina, Mulyono dan Direktur Merchandising Alfamart, Harryanto Susanto serta Direktur Corporate Affairs Solihin, via daring di Alfa Tower dan Kantor Pertamina, Rabu (9/9/2020).

Mulyono mengungkapkan, perubahan karakter konsumen di era milenial saat ini membawa opportunity bisnis yang bagus untuk bisnis Non Fuel Retail (NFR) Pertamina. Potensi bisnis tersebut terlihat dari customer behaviour melalui ekosistem jaringan SPBU sebanyak 7.000 lebih dengan traffic yang sangat tinggi.

“Pertamina telah memiliki Bright Store yang saat ini sudah tersebar di 195 lokasi. Bright Store ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan konsumen SPBU. Baik yang singgah untuk beristirahat sejenak dan kemudian melanjutkan perjalanan kembali. Stop in and refresh,” ujar Mulyono.

Ia memastikan bahwa perlu ada kolaborasi dengan minimarket yang memiliki jaringan sangat luas agar pengembangan bisnis NFR bisa berkembang. Pertamina menggandeng Alfamart dalam mengembangkan bisnis melalui mekanisme co-branding Bright Store by Alfamart/Alfamidi di luar Pulau Jawa.

“Saat ini sudah ada 200 toko Alfamart di area SPBU Pertamina. Kedepan akan berubah menjadi Bright by Alfamart/Alfamidi dan berlaku seluruh SPBU baik COCO (milik Pertamina) maupun DODO (Milik Swasta),” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Corporate Affairs Alfamart, Solihin menambahkan bahwa kerjasama ini mencakup kerjasama promosi kedua belah pihak, menunjang produk UMKM dan Private Lable Pertamina, serta adanya sharing dalam investasi.

“Hal yang tak kalah menarik dalam kerjasamanya ini adalah bagi pengusaha swasta SPBU (DODO), diberlakukan kebijakan khusus franchise fee,” imbuhnya.

Pertamina berharap kekuatan jaringan SPBU miliknya dan kemampuan operasional Alfamart Alfamidi sebagai salah-satu jaringan minimarket terbesar di Indonesia, akan memberikan manfaat bagi kedua perusahaan dan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. (Sen)

  • Bagikan