Pilkada Solo: Hari Ini, Pasangan Bajo dan Gibran-Teguh Jalani Tes Kesehatan

September 8, 2020

SOLO, RAKYATJATENG – Pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Surakarta, Jawa Tengah, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dan Bagyo Wahyono-F.X. Supardjo (Bajo) bakal menjalani tes kesehatan di RSUD dr Moewardi, hari ini (8/9). Gibran-Teguh dijadwalkan pukul 07.00, Bajo pukul 09.00.

Ketua KPU Surakarta Nurul Sutarti mengatakan, tes kesehatan digunakan sebagai syarat sebelum bakal calon ditetapkan sebagai calon wali kota dan calon wakil wali kota.

KPU RI memberikan waktu bakal cawali dan cawawali mengikuti tes kesehatan pada Selasa-Rabu (8-9/9). Kedua pasangan bakal calon sudah diberikan surat pengantar untuk jalani tes kesehatan saat mereka mendaftar ke KPU.

“Pasangan dua bakal calon Pilkada Solo jalani tes kesehatan. Untuk waktu tes kesehatan yang mengatur pihak manajemen RSUD dr Moewardi,” kata Nurul, kemarin.

Dua pasang bakal calon tersebut akan mengikuti tes kesehatan bersama dengan bakal calon kepala daerah lain, yakni Kabupaten Sukoharjo, Wonogiri, Blora, dan Kota Magelang. Secara keseluruhan, waktu tes kesehatan berlangsung dari pukul 07.00 sampai pukul 17.00.

“Semua jadwal tes kesehatan yang mengatur Dinkes (Dinas Kesehatan) Provinsi Jawa Tengah. Tes kesehatan meliputi jasmani, rohani, dan bebas narkotika. Untuk tes swab tidak dilakukan karena sudah diterapkan saat mereka mendaftar ke KPU,” paparnya.

Tes kesehatan sendiri, lanjut Nurul, dilakukan secara tertutup mengingat KPU tidak mengetahui jalar hijau di dalam rumah sakit.

“Kami mempercayakan tes kesehatan pasangan kedua bakal calon pada RSUD dr Moewardi. Hasilnya nanti dikirimkan ke kami untuk dipublikasikan pada masyarakat,” pungkasnya. (rs/irw/per/JPR/JPC)

Komentar